5 Fitur HP untuk Mengabadikan Momen Ramadan dan Maksimalkan Ibadah Puasa

Rabu, 29 Maret 2023 - 09:05 WIB
loading...
5 Fitur HP untuk Mengabadikan Momen Ramadan dan Maksimalkan Ibadah Puasa
Ada banyak fitur di HP untuk bisa membuat ibadah puasa dan momen Ramadan lebih berkesan. Foto: dok Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Smartphone jadi perangkat mampu menambah makna Ramadan . Misalnya, untuk memperkaya ibadah, meringkas waktu belanja, melancarkan amal sedekah, hingga menghubungkan tali silaturahmi.

”Sejumlah hasil survei terbaru menyebut bahwa aktivitas digital saat Ramadan akan meningkat seperti berbelanja, live streaming konten keagamaan, dan tak juga interaksi sosial-digital. Momen Ramadan seperti tidak bersekat ketika hampir 78,9 persen masyarakat Indonesia terhubung ke internet,” tegas Presiden Samsung Electronics Indonesia Simon Lee.

5 Fitur HP untuk Mengabadikan Momen Ramadan dan Maksimalkan Ibadah Puasa

Presiden Samsung Electronics Indonesia Simon Lee. Foto: dok Samsung Indonesia

Setiap aktivitas anak muda, Simon melanjutkan, tak lekang dari telepon pintar. “Dunia mereka adalah menjelajah ruang-ruang digital,” ungkap Simon seraya menyebut Galaxy A series 5G, mulai Galaxy A14 5G, Galaxy A23 5G, Galaxy A34 5G, dan Galaxy A54 5G jadi andalan Samsung selama Ramadan.

Ia juga mengungkap 5 hal di smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk menambah makna Ramadan di 2023:

1. Mengabadikan Berbagai Momen Ramadan

Momen Ramadan yang istimewa menurut Simon bisa diabadikan lewat kamera HP. Mulai momen berbuka puasa bersama teman dan keluarga, tempat makan dan makanan saat berbuka puasa, hingga kegiatan mudik.

”Konsumen saat ini menginginkan hasil foto dan video jernih yang bisa langsung dibagikan ke media sosial tanpa perlu banyak edit. Termasuk fitur nightography dan AI yang kini semakin populer,” ujar Simon.

2. Panggilan Video

Kamera selfie beresolusi tinggi penting untuk melakukan panggilan video saat bersilaturahmi dengan keluarga. Terutama bagi yang tahun ini tidak sempat mudik ke kampung halaman.

3. Rekam Video Sebanyak Mungkin

Simon mengatakan, Instagram Story dan Reels, TikTok, hingga YouTube Shorts jadi media sosial favorit anak muda. Sehingga tidak ada salahnya untuk merekam video sebanyak mungkin selama Ramadan. Tidak semua harus dibagikan ke medsos, tapi juga bisa disimpan sebagia kenangan pribadi.

Wajar jika kemudian Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS) adalah fitur yang penting di 2023. “Pengguna ingin merekam momen Lebaran atau berbuka puasa tanpa goyang atau ngeblur,” ujarnya.

4. Ngaburit? Bisa Streaming atau Ngegame
5 Fitur HP untuk Mengabadikan Momen Ramadan dan Maksimalkan Ibadah Puasa

Menunggu saat berbuka puasa jadi lebih mudah, karena banyak yang bisa dilakukan di HP. Mulai nonton streaming, ngegame, atau mendengarkan ceramah dan pengajian.

“Layar luas setidaknya 6.4 inci akan nyaman untuk nonton streaming keagamaan atau sekedar ngegame,” beber Simon.

Menurutnya, HP seperti Galaxy A34 dan A54 5G juga sudah punya level brightness hingga 1.000 nits yang bisa ditonton dibawah terik matahari. Kecepatan refresh rate 90Hz hingga 120Hz juga membuat scrolling video untuk berburu produk kebutuhan Ramadan maupun Lebaran di toko online lebih smooth.
Ia melanjutkan, saat ini HP dua jutaan seperti Galaxy A14 5G sudah bisa menyajikan pengalaman produktivitas dan gaming yang lebih baik bagi para penggunanya.

Saat berpuasa, Anda akan tetap produktif dengan performa smartphone yang bisa diandalkan,” bebernya.


5. Menggunakan Aplikasi untuk Baca Alquran

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menyempurnakan ibadah puasa. Misalnya, aplikasi Salaam yang berisi pengingat waktu doa, Alquran yang diverifikasi oleh Kementerian Agama, Indikator Qibla dan Kartu Artikel Agama. “Semua layanan dan fitur gratis tanpa iklan dan bisa dipakai oleh pengguna,”beberSimon.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)