Sebagian Layanan ChatGPT Ditutup, OpenAI Ungkap Penyebabnya

Rabu, 22 Maret 2023 - 06:33 WIB
loading...
Sebagian Layanan ChatGPT Ditutup, OpenAI Ungkap Penyebabnya
Perusahaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) OpenAI, secara mengejutkan menutup sebagian dari layanan ChatGPT. Foto/Bloomberg/The Edge Markets
A A A
WASHINGTON - Perusahaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) OpenAI , secara mengejutkan menutup sebagian dari layanan ChatGPT . Penutupan dilakukan baru-baru ini karena ada bug yang mengekspos obrolan pengguna.

Dikutip dari laman BGR, Rabu (22/3/2023), bug tersebut ditemukan oleh pengguna Reddit. Dalam postingan Reddit, pengguna Competitive-Hair-311 bertanya apakah ChatGPT sudah diretas ketika melihat percakapan dengan ChatGPT, yang menurut mereka tidak pernah dilakukan.

Topik percakapan tersebut meliputi enam prinsip Xi Jinping, Ideologi Tiongkok, perkembangan sosialisme Tiongkok, dan topik lain yang ditulis dalam bahasa Mandarin. Masalah ini dikonfirmasi oleh OpenAI dan memberikan keterangan resmi pada Bloomberg.



“Judul-judul tersebut terlihat di sidebar riwayat pengguna yang biasanya muncul di sisi kiri halaman web ChatGPT. Chatbot untuk sementara dinonaktifkan setelah perusahaan mendengar laporan ini. Substansi percakapan pengguna lain tidak terlihat," ucap juru bicara OpenAI Kepada Bloomberg.

Lebih lanjut juru bicara OpenAI menyampaikan, bila membuka obrolan ChatGPT, AI tidak akan membalas dengan jawaban karena sedang down. Selain itu, perusahaan menjelaskan, Riwayat untuk sementara tidak tersedia, karena pihak OpenAI sedang berupaya untuk memulihkan fitur tersebut secepat mungkin.

OpenAI telah menjadi sorotan dunia karena keajaiban obrolan AI yang tersedia dengan ChatGPT. Bahkan, baru-baru ini perusahaan itu juga meluncurkan GPT-4 yang mampu menerima gambar.

Jadi bila menunjukan GPT-4 gambar telur, tepung dan susu, bisa menanyakan apa yang bisa kamu buat dengan bahan-bahan tersebut. Model bahasa akan 'melihat' gambar tersebut serta mencantumkan beberapa resep potensial.



Selain itu GPT-4 pun jauh lebih pintar dari model sebelumnya. Menurut makalah penelitian OpenAI, GPT-4 lulusan ujian bar simulasi dengan skor yang mirip dengan 10 peserta tes teratas. Sementara ChatGPT mendapat skor 10 persen terbawah.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)