Telkomsel Bareng Kemendikbud Sediakan Kuota Data Terjangkau untuk Mahasiswa

Jum'at, 17 Juli 2020 - 22:37 WIB
loading...
Telkomsel Bareng Kemendikbud Sediakan Kuota Data Terjangkau untuk Mahasiswa
Direktur Jenderal Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Nizam, menyambut baik kolaborasi penyediaan Bantuan Kuota Terjangkau bagi Perguruan Tinggi. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Telkomsel Enterprise bareng Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) menghadirkan program "Bantuan Kuota Terjangkau bagi Perguruan Tinggi". (Baca juga: Telkomsel Tegaskan Jaminan Keamanan Data Milik Pelanggan )

"Kami menyambut baik kolaborasi Ditjen Dikti Kemendikbud. Sebelumnya, Telkomsel telah menjalankan program Bantuan Kuota Terjangkau untuk berbagai tingkatan institusi pendidikan Islam di seluruh Indonesia dengan menggandeng Kementerian Agama," kata kata SVP Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir, saat penandatanganan nota kesepakatan secara virtual melalui CloudX, Jumat (17/7/2020).
Telkomsel Bareng Kemendikbud Sediakan Kuota Data Terjangkau untuk Mahasiswa

Dharma mengutarakan, perluasan inisiatif ini diharapkan mampu membantu sektor pendidikan di Indonesia dan seluruh insan di dalamnya untuk beradaptasi. Sekaligus, melewati masa-masa sulit seperti sekarang ini dengan membangun literasi digital melalui pembelajaran virtual secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Nizam, mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat menyambut baik penandatanganan MoU antara Ditjen Dikti dengan Telkomsel, terkait Penyediaan Paket Internet Terjangkau bagi Perguruan Tinggi.
Telkomsel Bareng Kemendikbud Sediakan Kuota Data Terjangkau untuk Mahasiswa

Biaya paket internet merupakan salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Hal ini terutama dirasakan oleh mahasiswa tidak mampu dan perguruan tinggi yang memiliki alokasi dana terbatas.

"Penyediaan paket kuota internet dan pulsa yang hemat dan terjangkau bagi seluruh civitas akademika di perguruan tinggi, seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan agar mendukung penyelenggaraan pembelajaran secara daring di masa pandemik COVID-19 menjadi salah satu program prioritas Ditjen Dikti,” katanya lagi.

Dia menambahkan, pemerintah sendiri menyediakan anggaran hingga Rp4 triliun lebih untuk membantu mahasiswa yang kesulitan melanjutkan kuliah, karena orang tuanya terdampak ekonomi COVID-19. Anggaran itu menyasar hampir 1 juta mahasiswa.
Telkomsel Bareng Kemendikbud Sediakan Kuota Data Terjangkau untuk Mahasiswa

"Karena COVID-19, banyak mahasiswa kesulitan melanjutkan kuliah yang harus dilakukan online karena wabah Corona. Jangankan untuk beli kuota, untuk beli keperluan sehari-hari susah," tuturnya.

Melalui kolaborasi Telkomsel bersama Kemendikbud, BUMN telekomunikasi itu menghadirkan paket khusus yakni paket kuota internet dan kuota CloudX bagi dosen, tenaga pendidik, dan karyawan serta para mahasiswa. Paket data tersebut berisi besaran kuota hingga 50 GB dengan harga mulai dari Rp40.000 yang dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan menghubungi menu akses (UMB) *168#.

Program Bantuan Kuota Terjangkau untuk Perguruan Tinggi ini akan berlangsung sejak 17 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2021. Targetnya dapat menjangkau sekitar 4.760 perguruan tinggi di berbagai daerah di Tanah Air.
Telkomsel Bareng Kemendikbud Sediakan Kuota Data Terjangkau untuk Mahasiswa

Bagi pengurus perguruan tinggi yang ingin mendapatkan manfaat dari program Bantuan Kuota Terjangkau ini untuk para mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, dan karyawan yang berada di lingkungannya, dapat mengakses informasi lebih lanjut dan mengajukan pendaftaran.

Telkomsel, sambung dia, berharap solusi Bantuan Kuota Terjangkau dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi seluruh elemen di perguruan tinggi di seluruh penjuru negeri. Supaya senantiasa terhubung dan menjalani kegiatan belajar mengajar secara virtual.

Telkomsel mengajak pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memperkuat upaya kolaboratif ini. "Sebagai bagian dari cara perusahaan dalam memaknai usia ke-25 dengan terus bergerak maju bersama Indonesia. Semoga, kita semua bisa bersama-sama beradaptasi dengan kenormalan baru ini dengan baik,” pungkas Dharma.

Sebelumnya, Telkomsel juga telah melakukan kolaborasi bersama dengan Kementerian Agama untuk menghadirkan program Bantuan Kuota Terjangkau bagi berbagai tingkatan institusi pendidikan Islam di seluruh Indonesia. (Baca juga: Heboh Kasus Djoko Tjandra, Sekretaris Interpol Brigjen Nugroho Dimutasi )

Bantuan tersebut kini sudah tersedia bagi lebih dari 80.000 madrasah dan madrasah sederajat TK sampai SMA, 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan sekitar 800 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam swasta di seluruh Indonesia.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)