Jeroan Poco X5 5G Dipreteli, Isinya Bikin kaget!

Rabu, 15 Maret 2023 - 16:08 WIB
loading...
Jeroan Poco X5 5G Dipreteli, Isinya Bikin kaget!
Tampilan tear down atau Poco X5 5G yang memisahkan semua komponen di dalam smartphone. Foto: dok Poco Indonesia
A A A
JAKARTA - Poco Indonesia membongkar HP terbaru mereka, Poco X5 5G, untuk menunjukkan komponen apa saja yang digunakan di dalamnya. Jeroan HP Rp3 jutaan dipreteli sampai bagian terkecil.

”Kami sengaja ingin memperlihatkan setiap komponen di Poco X5 5G, memperlihatkan setiap komponen yang digunakan. Aksi tear down ini sudah kami lakukan juga di beberapa model lainnya,” ujar Andi Renreng, Head of Marketing Poco Indonesia.

Nah, berikut beberapa fakta dari hasil tear down Poco X5 5G:

1. Mainboard
Jeroan Poco X5 5G Dipreteli, Isinya Bikin kaget!

Di mainboard Poco X5 5G, tersimpan chipset Snapdragon 695 5G. Ternyata, ukuran chipset di smartphone tidak terlalu besar. Padahal, bisa dibilang chipset ini adalah otak dari smartphone.

Chipset dengan fabrikasi 6nm itu memiliki skor AnTuTu sebesar 404.767. Di bagian mainboard itu itu juga terlihat komponen seperti GPU Adreno 619, ROM 256 GB, selot kartu hybrid yang memungkinkan dua SIM Card.

2. Sektor Pendingin

Yang menarik dari kegiatan tear down Poco X5 5G adalah ukuran sektor pendingin yang ternyata cukup lebar. Pendingin pada HP atau smartphone bertujuan untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh komponen dalam perangkat. Panas dapat dihasilkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan yang terlalu lama, penggunaan aplikasi yang berat, atau memang lingkungan yang panas.

Jika terlalu banyak panas yang dihasilkan oleh HP, hal ini dapat mempengaruhi performa dan kinerja perangkat, bahkan dapat merusak komponen.
Oleh karena itu, adanya pendingin pada HP dapat membantu menjaga suhu perangkat agar tetap stabil dan mencegah terjadinya kerusakan pada komponen.

Pendingin pada HP dapat berupa heat pipe atau fan kecil yang terletak di dalam perangkat. Sektor pendingin di Poco X5 5G memakai graphite cooling dengan ukuran 9.600 mm persegi.

3. Baterai
Jeroan Poco X5 5G Dipreteli, Isinya Bikin kaget!

Baterai jadi salah satu komponen terbesar dalam sebuah smartphone. Termasuk baterai Li-ion (Lithium ion) yang jadi standar baik untuk HP menengah hingga flagship. Poco X5 5G memakai baterai 5.000 mAh yang paling umum dipakai di kelas mid-range. Namun, pengecasannya sudah 33W.

4. Layar

Penggunaan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) seperti di Poco X5 5G menurut Andi punya sejumlah benefit. Seperti lebih tajam dan jernih, lebih efisien, lebih tipis, serta warna yang lebih hidup.

Layar AMOLED di Poco X5 5G yang berukuran 6.67 inci Dot Display (2400 x 1080 piksel) dan refresh rate 120 Hz itu ikut dibongkar dan dipisahkan dari bodinya.

5. Kamera
Jeroan Poco X5 5G Dipreteli, Isinya Bikin kaget!

Setelah dipreteli, ternyata memang ukuran modul kamera 48 MP yang dipakai di Poco X5 5G cukup besar. Kamera 48 MP, 8 MP ultra wide, dan kamera makro 2 MP berada dalam modul yang sama. Sehingga membongkarnya lebih mudah.


6. NFC
Jeroan Poco X5 5G Dipreteli, Isinya Bikin kaget!

Ada beberapa komponen unik di Poco X5 5G yang dipisahkan dari bodi. Antara lain modul NFC (Near Field Communication), modul Bluetooth 5.1, modul IR Blaster, dan modul Side Fingerprint sensor di samping AI Face Unlock.

7. Casing

Casing Poco X5 5G terbuat dari bahan plastik polikarbonat. Dengan banyaknya komponen yang disematkan, HP tersebut tetap terasa ringan dan tipis dengan ketebaltan 7.98 mm dan berathanya189gram.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8014 seconds (0.1#10.140)