7 Perusahaan yang Terlibat Perang AI, Jadi Saingan ChatGPT

Senin, 13 Maret 2023 - 13:36 WIB
loading...
7 Perusahaan yang Terlibat Perang AI, Jadi Saingan ChatGPT
Perusahaan yang terlibat perang AI dan jadi pesaing ChatGPT penting dipahami. Foto: dok Wired
A A A
JAKARTA - Perusahaan yang terlibat perang AI dan jadi pesaing ChatGPT menarik untuk dibahas. Apalagi, saat ini pengguna aktif harian (DAU) ChatGPT lebih dari 100 juta orang. Dan ini berdampak pada mesin pencari Bing, yang mendapatkan banyak pengguna baru setelah mengintegrasikan ChatGPT ke layanan mereka.

Nah, ternyata banyak perusahaan yang berupaya untuk menyaingi popularitas ChatGPT dengan membuat produk AI mereka sendiri. Berikut X perusahaan yang terlibat perang AI:

1. Microsoft

Microsoft tidak bersaing langsung dengan ChatGPT. Justru, sudah mengintegrasikan ChatGPT ke dalam mesin pencarian mereka Bing. Gara-gara itu, pengguna Bing naik drastis. Bahkan, Microsoft juga berupaya membawa teknologi AI ChatGPT ke aplikasi seperti Word hingga Excel.

2. Google

Google adalah perusahaan yang paling terdampak dari keberadaan ChatGPT. Mereka membalasnya dengan mengumumkan chatbot Bard, yang berasal dari Lamda atau Language Model for Dialogue Applications. Saat ini Bard masih dalam pengembangan dan segera diintegrasikan ke Google Search.

3. Baidu

Baidu adalah mesin pencari terbesar di China. Wajar, jika mereka juga mengembangkan chatbot sendiri. Namanya Ernie Bot atau Wenxin Yiyan. Pengembangan AI Baidu sudah dilakukan sejak 2019, dan kemungkinan bakal diumumkan pada bulan ini.

4. Meta

Meta tidak lagi fokus di metaverse pada 2023 ini. CEO Meta Mark Zuckerberg sudah membentuk tim khusus untuk mengakselerasi AI di Meta, baik Facebook, Instagram, hingga WhatsApp. Fokusnya juga berbeda-beda, misalnya AI berbasis teks di WhatsApp dan Facebook Messenger, atau gambar dan format video di Facebook.

5. Amazon

Amazon adalah perusahaan e-commerce dan cloud computing yang memiliki produk NLP sendiri seperti Amazon Alexa. Yang terbaru adalah Amazon Lex, yakni layanan AI yang terkelola penuh untuk membangun antarmuka percakapan ke dalam aplikasi apa pun. Termasuk juga layanan cloud Amazon Web Services.

6. Spotify

Spotify terus memperbanyak AI di produk baru mereka. Misalnya DJ, yang memberikan komentar lisan untuk trek dan artis yang disukai.


7. Alibaba dan JD.com

Raksasa China seperti Alibaba dan JD.com juga memperkenalkan teknologi seperti ChatGPT pada layanan mereka. Alibaba sendiri telah mengerjakan AI generatifsejak2017.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)