Mengenal Aplikasi Satu Sehat Pengganti Peduli Lindungi, Bukan Sekadar Simpan Data Vaksin

Sabtu, 04 Maret 2023 - 07:05 WIB
loading...
Mengenal Aplikasi Satu Sehat Pengganti Peduli Lindungi, Bukan Sekadar Simpan Data Vaksin
Aplikasi Satu Sehat Mobile resmi digunakan mulai 1 Maret 2023 untuk menggantikan Peduli Lindungi. Foto/iNews/Kemenkes
A A A
JAKARTA - Aplikasi Satu Sehat Mobile resmi digunakan mulai 1 Maret 2023 untuk menggantikan Peduli Lindungi. Meskipun namanya berbeda, satu fungsi aplikasi Satu Sehat tak jauh berbeda dengan Peduli Lindungi untuk menyimpan data vaksin Covid-19.

Masih ada banyak fitur pada aplikasi Satu Sehat, di antaranya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 dan menyimpan data hasil tes paparan Covid-19 (hasil antigen/PCR). Kemudian, ada fungsi membaca kode QR pada status kesehatan paparan Covid-19 untuk check-in dan check-out di area publik.

Aplikasi Satu Sehat diperkenalkan ke publik pada Juli 2022, dirancang menjadi aplikasi sistem informasi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, Satu Sehat juga dilengkapi berbagai fitur untuk mengelola data kesehatan pengguna secara umum.



Aplikasi Satu Sehat memiliki fitur yang dapat menyimpan hampir semua jenis rekam medis, mulai dari hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan, hingga status imunisasi anak. Dengan aplikasi Satu Sehat, pertukaran data kesehatan akan lebih efisien dan efektif.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pengguna tidak perlu membawa data fisik rekam medis saat ingin berobat ke rumah sakit. Hal ini dikarenakan data rekam medis pengguna sudah tersimpan secara digital di Satu Sehat.

Sistem informasi medis Satu Sehat juga bermanfaat bagi staf medis. Biasanya, petugas kesehatan di apotek, puskesmas, atau rumah sakit mendaftarkan data kesehatan pengguna pada aplikasi milik masing-masing institusi medis.
Mengenal Aplikasi Satu Sehat Pengganti Peduli Lindungi, Bukan Sekadar Simpan Data Vaksin


Dengan aplikasi Satu Sehat, petugas kesehatan tidak perlu mengisi data berulang kali di berbagai aplikasi. Petugas kesehatan cukup mengisi data kesehatan pengguna ke dalam satu aplikasi dan data tersebut secara otomatis terhubung ke aplikasi kesehatan lainnya.



Jadi aplikasi Satu Sehat dapat dianggap sebagai jembatan antara aplikasi sistem informasi kesehatan yang tersedia di setiap fasilitas kesehatan, baik itu apotek, balai pengobatan maupun rumah sakit. Ini merupakan fitur Satu Sehat Mobile yang dapat digunakan untuk menyimpan data kesehatan secara umum.

Untuk mengakses fitur pengelolaan data kesehatan secara umum, pengguna perlu melakukan upgrade Peduli Lindungi ke Satu Sehat. Untuk melakukan update, pengguna cukup membuka App Store (iOS) atau Play Store (Android) app store yang tersedia di masing-masing ponsel.

Setelah pembaruan berhasil, pengguna dapat masuk ke Satu Sehat Mobile dengan nomor telepon atau email yang sama yang terdaftar sebelumnya dengan akun Peduli Lindungi.

MG/Tazakka Artesa Hidayat
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)