5 Kecerdasan Buatan yang Bermanfaat untuk Kegiatan Sehari-hari

Senin, 27 Februari 2023 - 09:14 WIB
loading...
5 Kecerdasan Buatan yang Bermanfaat untuk Kegiatan Sehari-hari
Tanpa disadari, ternyata sudah banyak kecerdasan buatan yang kita gunakan sehari-hari. Foto: dok OpenAI
A A A
JAKARTA - ChatGPT membawa kecerdasan buatan ke tingkat mainstream. Banyak orang yang sebelumnya tidak mengerti soal artificial intelligence (AI), malah jadi pengguna aktif.

Terutama di tahun ini ketika peramban web Microsoft Bing dan Google Search bakal sama-sama menggunakan AI dalam pencarian.

Nah, sebenarnya, sudah banyak kok kecerdasan buatan yang tanpa kita sadari sudah digunakan dan berfungsi memudahkan kegiatan sehari-hari. Tidak percaya? Berikut beberapa diantaranya:

1. Aplikasi GPS


Aplikasi GPS ternyata menggunakan teknologi kecerdasan buatan di dalamnya. Tentunya, aplikasi ini sangat memudahkan kita dalam menemukan tempat yang ingin kita tuju.

Salah satu contoh aplikasi yang terkenal dan bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari, yaitu Google Maps. Google Maps ternyata sudah menggunakan kecerdasan buatan (AI) selama bertahun-tahun untuk memberikan petunjuk rute terbaik.

Rute terbaik yang mereka cari untuk penggunanya dipertimbangkan dengan beberapa faktor, yaitu lalu lintas, cuaca, dan lainnya.

2. Face ID atau Pengenalan Wajah


Teknologi Face ID atau pengenalan wajah yang terdapat di iPhone ataupun Android menjadi salah satu kecerdasan buatan yang bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari.

Face ID dapat mengidentifikasi kita dengan karakteristik fisik pada wajah. Hal tersebut bertujuan untuk keamanan/pengawasan, verifikasi identitas, dan lainnya.

Face ID biasanya digunakan untuk kunci atau password ponsel. Tidak hanya itu, Face ID digunakan oleh beberapa marketplace online, hingga mobile banking untuk mengesahkan pembayaran.

Face ID atau pengenalan wajah ini dapat bermanfaat untuk mengamankan data kita yang tersimpan pada ponsel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5977 seconds (0.1#10.140)