Inilah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet

Selasa, 21 Februari 2023 - 19:00 WIB
loading...
Inilah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet
Cara merawat baterai laptop agar lebih awet penting untuk dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mengetahui cara merawat baterai laptop adalah suatu hal yang sangat penting bagi penggunanya. Sebab, menjaga usia pakai baterai pada laptop termasuk bagian dari sebuah investasi.

Ini karena fungsi utama laptop adalah portabilitas . Maka baterai pada laptop yang sudah rusak akan membuat penggunanya tidak nyaman.

Terlebih jika sudah tidak dapat menyimpan energi. Maka penggunaan laptop hanya dapat dilakukan sambil dicolok ke listrik. Sehingga menjadi sangat tidak praktis.

Pada umumnya baterai yang digunakan pada laptop adalah jenis lithium-ion. Keunggulan dari baterai ini adalah kemampuan pengisian dayanya bisa secara cepat dan mengeluarkan daya dengan kecepatan tetap.

Meskipun memiliki keunggulan, baterai jenis lithium-ion harus tetap dijaga agar bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih panjang.
Nah, berikut cara merawat baterai laptop agar lebih awet:

1. Jangan Berulang Pakai Laptop sampai 0%
Inilah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Awet

Tanpa disadari, terkadang kebiasaan menggunakan laptop dan membiarkan daya baterai sampai benar-benar habis atau mencapai 0% justru dapat berakibat fatal.

Hal ini dikarenakan laptop yang tiba-tiba mati saat masih menyala akan dapat mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak. Maka dari itu pengguna harus segera segera mengisi daya baterai sebelum daya baterai mencapai di bawah 20%.

2. Mencabut Jika Sudah 100%
Masalah selanjutnya adalah kebiasaan lupa mencabut charger meski baterai terkadang sudah terisi dengan penuh. Padahal, membiarkan arus listrik yang terus mengalir ke laptop akan membuat komponen nya cepat rusak.

Oleh karena itu, untuk menjaga komponen baterai agar tetap awet, hindari pengisian daya saat baterai sudah penuh.

3. Menggunakan Charger Original
Sebelum melakukan pengisian daya baterai, pastikan charger yang digunakan adalah original atau bawaan pabrikan laptop itu sendiri. Hal ini dikarenakan charger bawaan pabrik memiliki arus listrik yang stabil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)