Liburan Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik Streaming, Browsing, dan Game Online Melonjak

Selasa, 03 Januari 2023 - 20:31 WIB
Rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru di jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkat sebesar 8% dibanding hari normal. Foto: dok XL Axiata
JAKARTA - Selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) , masyarakat Indonesia sibuk mengakses layanan streaming video serta bermain game. Hal tersebut yang terlihat dari monitoring trafik XL Axiata pada 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru di jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkat sebesar 8% dibanding hari normal dan 29% dibanding periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibanding kondisi hari normal. Layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibanding hari biasa.

Selain streaming, kenaikan drastis lainnya juga terjadi untuk file access, game serta web browsing. Untuk trafik streaming mengalami peningkatan sebesar 25% dibanding trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35% dan web browsing sebesar 30%.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9% dari hari normal, Twitter 6%, Instagram 19%.



Pada layanan berbagi video, trafik YouTube meningkat 24% dan Tiktok 22%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39% dan Telegram 737%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3%, Joox naik 2%. Untuk game, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35% dari hari normal. Lalu Free Fire naik 78%.

Pada layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70% dibandingkan hari normal, Disney+ 36%, Vidio 5%, WeTV 55%, dan Amazon Prime Video 61%.

Selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Google Maps meningkat sebesar 42%, Waze GPS meningkat sebesar 40% dan Apple Map sebesar 21%.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More