CES 2023 akan Jadi Panggung Besar buat Kecerdasan Buatan

Selasa, 03 Januari 2023 - 07:30 WIB
CES 2023 akan kembali dibuka dan bisa dikunjungi masyarakat secara langsung mulai 5 Januari 2023. Foto/IST
JAKARTA - Consumer Electronic Show ( CES ) 2023 akhirnya jadi momen istimewa dimana perhelatan elektronik terbesar di dunia itu bisa digelar kembali secara langsung. Setelah sempat vakum dan digelar secara hybrid, CES 2023 akan jadi kawah candradimuka dimana 3.000 perusahaan dan start up teknologi saling adu gengsi.

Tiap tahun perhelatan CES 2023 memiliki tema besar yang akan menggambarkan akselerasi teknologi yang terjadi saat ini. Tahun ini garis besarnya adalah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Kecerdasan buatan akan jadi lompatan besar karena teknologi itu bisa diaplikasikan ke berbagai bidang. Tidak hanya dalam bentuk aplikasi tapi juga kebutuhan praktis. Di CES 2023 pengunjung akan bisa melihat bagaimana kecerdasan buatan bisa mengubah mobil menjadi sebuah transportasi yang menyenangkan dan cerdas.

Kecerdasan buatan juga akan mampu membuat robot-robot jadi lebih fleksibel dalam memenuhi semua keinginan manusia. Kecerdasan buatan juga akan membuat perlengkapan rumah tangga jauh lebih baik dalam meringankan pekerjaan rumah tangga.

“Contohnya, mobil-mobil listrik akan tampil dengan luar biasa karena kecerdasan buatan yang semakin canggih,” ujar Avi Greengart analis teknologi dari Techpotential.



Tanda-tanda pesatnya teknologi kecerdasan buatan sudah terasa di pengujung tahun 2022 dengan hadirnya ChatGPT. Diketahui ChatGPT merupakan semacam robot percakapan (chatbot) yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya berbincang dengan manusia asli.

Dari percakapan itu ChatGPT bisa mengeksekusi berbagai permintaan pengguna. Misalnya membuat sebuah narasi, menuliskan puisi, hingga menciptakan syair lagu. Tidak heran jika banyak pengguna penasaran mencoba kecerdasan yang dimiliki ChatGPT.



Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More