Anti Boros, Begini Cara Bikin HP Rp 1 Jutaan Nggak Cepat Rusak

Selasa, 29 November 2022 - 23:01 WIB
Tips agar HP sejutaan bisa awet dan nggak cepat rusak penting diketahui agar tidak mudah gonta-ganti HP. Foto: dok Samsung Indonesia
JAKARTA - Smartphone harga murah acap dipandang sebelah mata. Dianggap cepat rusak dan sering lemot. Tapi, di 2022, kualitas smartphone entry level Rp 1 jutaan sebenarnya sudah cukup lumayan. Memang fiturnya masih terbatas. Tapi, jika dibandingkan 2-3 tahun lalu, HP Rp 1 jutaan tahun ini sangat berbeda. Sudah cukup untuk berbagai fungsi harian.

MX Product Marketing Senior Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, HP dengan banderol Rp 1 jutaan tahun ini sudah punya banyak fitur kekinian. Misalnya, layar lega hingga 6,5 inci dan refresh rate 90 Hz, kamera 50 MP, hingga baterai 5.000 mAh. “Jadi, masa pakai HP sejutaan bisa lebih panjang,” katanya.

Nah, berikut adalah tips agar HP sejutaan bisa awet dan nggak cepat rusak. Sehingga, tidak perlu terlalu sering ganti-ganti HP.

1. Perhatikan Cara Ngecas

Penyebab smartphone tidak nyaman adalah baterai yang cepat lowbat. Nah, agar hal ini tidak terjadi, batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja.



“Sebab, jika smartphone terus-menerus saat dicas, baterainya akan cepat bocor. HP jadi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal,” katanya.

2. Gunakan Charger Orisinal

Salah satu cara untuk menjaga keawetan dan kualitas baterai HP adalah menggunakan charger orisinal. HP entry level terbaru Galaxy A04 Series yang dibanderol mulai Rp 1,2 jutaan, misalnya, menurut Ricky sudah dilengkapi kepala charger orisinal di dalam paket penjualan. Yakni Fast Charging 15W untuk Galaxy A04s dan A04, serta charger 7.75W untuk Galaxy A04e.

3. Perhatikan Siklus Pengisian Daya
Halaman :