Begini Cara Mengaktifkan Bitlocker di Windows 11

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 06:19 WIB
Fungsi dari bitlocker adalah untuk menjaga keamanan data dengan memanfaatkan enkripsi drive penyimpanan. Foto/WindowsCentral
JAKARTA - Bitlocker merupakan fitur yang sudah rilis lama sejak hadirnya Windows Vista, dan sekarang sudah bisa diaktifkan di Windows 11 . Di Windows 11 ditawarkan dua jenis enkripsi yaitu Bitlocker yang berguna untuk mengenkripsi dan melindungi sistem operasi dan drive data tetap.

Fungsi dari Bitlocker adalah untuk menjaga keamanan data dengan memanfaatkan enkripsi drive penyimpanan. Kemudian folder yang disimpan hanya dapat diakses oleh orang yang mengetahui password penyimpanan tersebut.

Saat mengaktifkan enkripsi di drive data kemudian akan diacak menggunakan algoritma enkripsi Advanced Encryption Standard (AES). Bagaimana mengaktifkan fitur tersebut pada Windows 11, begini caranya.

1. Mengaktifkan Bitlocker Melalui Partisi atau Drive Langsung

- Pertama-tama pilih dan cari partisi atau data drive yang akan dienkripsi



- Kemudian klik kanan pada data drive atau partisi yang ditunjuk, lalu pilih Turn on BitLocker. Apabila opsi tersebut tidak ada di box menu, bisa mengklik Show More Options lebih dahulu.

- Setelah Turn On Bitlocker di klik, silakan tunggu beberapa saat untuk lanjut ke step berikutnya.

- Di halaman Wizard, berikan tanda centang di opsi Use A Password To Unlock The Drive dan masukan password, lalu klik Next.

- Setelah itu pilih tempat di mana anda akan menyimpan recovery key. Anda bisa menyimpannya dalam akun Microsoft berbentuk file atau dengan bentuk fisik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More