Amazon Caplok Perusahaan Robot Seharga Rp25,4 Triliun

Senin, 08 Agustus 2022 - 15:27 WIB
Kesepakatan ini memberi Amazon pijakan yang lebih kuat di bidang robot. FOTO/ IST
NEW YORK - Amazon secara mengejukan mengakuisisi perusahaan pembuat robot Roomba, iRobot . Tak main-main, nilai akuisisi mencapai USD 1,7 miliar atau setara Rp 25,4C triliun.

Ini artinya Amazon melakukan pembelian sekitar USD61 atau sekitar Rp911 ribu per saham. 22% di atas harga penutupan iRobot pada akhir perdagangan pada hari Kamis.



Kesepakatan ini memberi Amazon pijakan yang lebih kuat di bidang robot. Pasalnya, tahun lalu, raksasa e-commerce itu telah meluncurkan robot rumah bernama Astro yang multi fungsi.

Melansir dari TechSpot, Astro sendiri dirancang untuk bisa difungsikan sebagai kamera keamanan seluler, pusat hiburan, dan alat komunikasi. Robot bekerja dengan terhubung ke Wi-Fi.



Astro semakin bisa diandalkan karena didukung oleh prosesor Snapdragon. Selain itu juga memiliki speaker stereo, kamera ganda, layar sentuh 10 inci, dan bahkan port USB-C.

Untuk diketahui, Amazon telah berinvestasi dalam gadget lain yang dirancang untuk membuat hidup lebih mudah seperti bel pintu Ring dan rangkaian speaker bertenaga Alexa-nya.

Namun, akuisisi iRobot oleh Amazon ini jauh lebih besar daripada Ring dan merupakan salah satu langkah terbesar yang dilakukan oleh CEO baru perusahaan, Andy Jassy.

Kesepakatan iRobot menempati peringkat keempat terbesar Amazon hingga saat ini di belakang Whole Foods, MGM, dan One Medical dengan masing-masing USD13,7 miliar, USD8,45 miliar, dan USD3,9 miliar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More