Pemerintah China Tegas, 48.000 Judul Game Dihapus dari App Store China

Selasa, 19 Januari 2021 - 10:50 WIB
Asphalt 8 dari Gameloft, Fruit Ninja dari Halfbrick, Hole.io dari Voodoo, dan Hay Day dari Supercell menjadi korban Aturan National Press and Publication Administration (NPPA). Foto/Ist
BEIJING - Para penerbit game terbukti tak mampu memenuhi persyaratan yang diberikan oleh Pemerintah China . Negeri Tirai Bambu mengharuskan semua judul game mobile memenuhi lisensi dari National Press and Publication Administration (NPPA), sebelum dirilis ke pasar.

Lisensi itu menegaskan sebuah aplikasi game telah memenuhi aturan mengenai konten. Alhasil, sepanjang Desember 2020 lalu, sekitar 48.000 game mobile telah dihapus oleh App Store China .

Melansir dari Sensor Tower, Selasa (19/1/2021), App Store pun harus menaati aturan tersebut. Sebab, platform toko aplikasi lainnya, Play Store, juga telah mentaati kebijakan yang sama.

Penghapusan game di App Store itu terimbas ke beberapa judul game populer, seperti Asphalt 8 dari Gameloft, Fruit Ninja dari Halfbrick, Hole.io dari Voodoo, dan Hay Day dari Supercell. Kendati demikian, judul-judul game tersebut masih bisa kembali muncul di App Store, jika bisa memenuhi persyaratan yang diberikan oleh NPPA.

NPPA merupakan aturan yang didirikan pada 2018 agar sebuah game bisa mendapatkan izin di bawah naungan The Propaganda Department of the Central Committee and Ministry of Culture and Tourism.
(iqb)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More