Cisco Umbrella Katanya Efektif Tangkis Serangan Hacker

Rabu, 13 Januari 2021 - 17:42 WIB
Akibat pandemik, Cisco Umbrella mencatat setidaknya terjadi peningkatan serangan siber sebesar 40% di tahun lalu. Foto/Ist
JAKARTA - Banyak individu dan perusahaan yang menghadapi serangan siber di tahun 2020. Akibat pandemik, Cisco Umbrella mencatat setidaknya terjadi peningkatan sebesar 40% serangan siber di tahun lalu. Tidak heran jika di tahun baru ini banyak perusahaan dan perseorangan yang mencari cara untuk memperkuat keamanan siber- nya. Baca juga: Kerugian Serangan Siber Tahun 2021 Diprediksi Rp84.000 Triliun

Sebelum membahas cara mengantisipasi serangan siber, ada baiknya kita memahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan keamanan siber. Keamanan siber adalah praktik untuk melindungi sistem, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital. Serangan-serangan ini biasanya ditujukan untuk mengakses, mengubah, atau menghancurkan informasi sensitif; memeras uang dari korban; atau mengganggu proses bisnis.

Pertanyaan selanjutnya, apa saja serangan siber yang perlu kita waspadai? Ada beberapa tipe serangan siber yang hingga saat ini telah berhasil dideteksi dan dipelajari, mereka adalah:

1. Malware

Sejenis perangkat lunak (software) yang dirancang secara khusus untuk mendapatkan akses tidak sah (unauthorized access) atau menyebabkan kerusakan pada komputer.



2. Phishing

Praktik mengirim email palsu yang menyerupai email dari sumber terpercaya. Tujuannya adalah untuk mencuri data sensitif seperti nomor kartu kredit dan informasi lainnya.

3. Ransomware

Sejenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memblokir akses ke berkas (file) atau sistem komputer tertentu. Tujuannya adalah untuk memeras korban dengan meminta uang tebusan agar korban bisa mengakses kembali berkas atau sistem komputer mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More