Drama Robot Optimus Tesla: Antara Realitas dan Pertunjukan

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:33 WIB
Meskipun robot Optimus mampu melakukan berbagai aktivitas yang mengesankan, beberapa pengamat meragukan otonomi penuh robot tersebut. Foto: Tesla
LOS ANGELES - Tesla pekan lalu menggelar acara peluncuran Cybercab dengan tema "We, Robot" yang meriah. Dalam acara tersebut, robot humanoid Optimus ikut menjadi sorotan.

Sebab, robot tersebut memiliki kemampuan berinteraksi dengan manusia. Mulai menyajikan minuman, bermain game, dan bahkan berdansa. Namun, di balik aksi memukau tersebut, ternyata terdapat campur tangan manusia yang signifikan.

Optimus: Robot atau Manusia?

Meskipun robot Optimus mampu melakukan berbagai aktivitas yang mengesankan, beberapa pengamat meragukan otonomi penuh robot tersebut.



Robert Scoble, salah satu peserta acara, mengungkapkan bahwa ada “bantuan jarak jauh” dari manusia yang mengontrol robot Optimus.

Analis Morgan Stanley, Adam Jonas, juga menyebutkan adanya "intervensi manusia" dalam operasional robot tersebut.

Beberapa indikasi menunjukkan keterlibatan manusia dalam mengendalikan Optimus, di antaranya adalah:

1. Variasi Suara: Setiap robot Optimus memiliki suara berbeda-beda, menunjukkan adanya operator manusia yang berbeda pula.

2. Respons Spontan: Robot Optimus mampu memberikan respons cepat dan sesuai gestur yang natural, hal yang sulit dicapai oleh robot otonom pada tahap pengembangan saat ini.

Pertunjukan yang Melebih-lebihkan Kemampuan?

Tesla tampaknya tidak berusaha menutupi fakta bahwa robot Optimus belum sepenuhnya otonom.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More