Google Luncurkan NotebookLM, Ini Fungsi dan Penggunaannya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 08:10 WIB
Google Luncurkan NotebookLM. FOTO/ CNET
LONDON - Google memperkenalkan fitur berbasis kecerdasan buatannya, NotebookLM untuk merangkum video YouTube dan file audio secara otomatis.

BACA JUGA - Kecerdasan Buatan Google Mulai Bisa Digunakan

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pelajar dan profesional dalam membuat catatan dan panduan belajar dari video-video publik di YouTube, serta file audio lainnya.



Sebelumnya, NotebookLM dikenal sebagai alat yang mempermudah pengguna dalam membuat catatan, panduan belajar, dan diskusi berbasis informasi dari berbagai sumber, seperti file PDF, situs web, Google Docs, Slides, serta file teks atau markdown.

Seperti dilansir dari The Verge, dengan penambahan fitur terbaru ini, pengguna kini dapat mengimpor video YouTube dan file audio untuk dirangkum menjadi konsep-konsep kunci yang diambil langsung dari transkrip video.

Selain kemampuan merangkum, NotebookLM juga menawarkan eksplorasi mendalam dengan kutipan yang terhubung langsung ke transkrip video. Pengguna juga dapat melakukan diskusi berbasis AI yang terkait dengan isi video.

Fitur menarik lainnya adalah pemutar YouTube bawaan, yang memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil membuat catatan. Untuk file audio, NotebookLM mampu menghasilkan panduan belajar yang komprehensif dan membantu pengguna menemukan informasi spesifik dalam transkrip audio.

Google juga telah menambahkan cara cepat untuk berbagi Audio Overviews yang dihasilkan di NotebookLM, dengan membuat URL yang dapat dibagikan untuk diskusi yang dipandu oleh AI. Namun, fitur URL berbagi ini saat ini belum tersedia untuk pengguna Google Workspace.

Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur terbaru ini, cukup mengunjungi situs web NotebookLM dan menambahkan URL dari video YouTube publik atau file audio ke dalam notebook mereka.

Diharapkan fitur ini akan semakin mempermudah pengguna dalam mengakses dan mengelola informasi dari berbagai media.
(wbs)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More