Canggih, Aplikasi MEGA-Army Mampu Identifikasi Alutsista Musuh secara Cepat

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 21:06 WIB
Aplikasi MEGA-Army dapat meningkatkan pengambilan keputusan di medan perang. Foto/Army Recognition
JAKARTA - Identifikasi cepat terhadap alat utama dan sistem persenjataan militer musuh sangat penting bagi angkatan bersenjata modern. Hadirlah aplikasi MEGA-Army yang dikembangkan untuk mengidentifikasi alutsista militer .

Perusahaan Belgia IDDEA menawarkan solusi inovatif berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk memenuhi kebutuhan militer. Sistemnya mengintegrasikan kemampuan pengenalan gambar yang canggih sehingga aplikasi ini menjadi alat untuk mengidentifikasi peralatan angkatan darat.

Army Recognition melansir, Jumat (4/10/2024) aplikasi ini dapat meningkatkan pengambilan keputusan di lapangan, sehingga menarik perhatian angkatan bersenjata Prancis dan Belgia dalam upaya meningkatkan kapabilitas pertahanan mereka.



Kemampuan MEGA-Army menonjol karena penggunaan AI untuk menganalisis dan mengidentifikasi peralatan militer darat dari gambar. Pengguna dapat mengunggah foto peralatan militer dan segera menerima informasi rinci tentang objek yang diidentifikasi, termasuk nama, asal, persenjataan, sistem onboard, mobilitas, dan lainnya. Berdasarkan database luas peralatan militer internasional, sistem ini memungkinkan akses ke informasi penting dalam hitungan detik, yang memfasilitasi pengambilan keputusan taktis.



Dalam skenario pengintaian, kemampuan identifikasi yang cepat dan akurat ini sangat penting. Misalnya, selama misi pengamatan, aplikasi ini memungkinkan identifikasi jarak jauh terhadap kendaraan lapis baja atau sistem artileri, memberikan gambaran jelas tentang situasi dan memfasilitasi respons taktis yang cepat. Berkat antarmuka yang ramah pengguna, aplikasi ini juga mudah digunakan oleh tentara di lapangan dengan pelatihan minimal, membuatnya sangat cocok untuk kondisi operasional.

Selain digunakan di lapangan, MEGA-Army juga berfungsi sebagai alat pelatihan yang efektif. Dengan menawarkan referensi peralatan militer yang luas, aplikasi ini memungkinkan tentara, ahli strategi, dan analis untuk mengenal berbagai peralatan nasional dan asing. Tak ayal, aplikasi ini sumber edukasi interaktif yang memperdalam pemahaman tentang teknologi dan sistem senjata terkini.

Baik angkatan bersenjata Prancis maupun Belgia sedang berinvestasi dalam teknologi canggih untuk meningkatkan pelatihan prajurit. Mengintegrasikan aplikasi semacam ini ke dalam program pelatihan akan memberikan akses kepada rekrutan ke database terkini tentang angkatan darat global, memperkuat pemahaman mereka tentang potensi ancaman serta sistem musuh atau teman yang mungkin mereka temui dalam operasi tempur atau pemeliharaan perdamaian.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More