85 Persen Perusahaan Pernah Terserang Ransomware, Ini Pentingnya Sistem Backup

Selasa, 24 September 2024 - 15:09 WIB
Hypernet Technologies menggelar Meet Eat Inspire (MENS) bertema ‘Optimizing Data Backup with Next Generation Data Center di JS Luwansa Hotel & Convention Center Jakarta pada Kamis (12/9/2024). (Foto: dok Hypernet Technologies)
JAKARTA - Serangan siber saat ini menjadi tantangan besar bagi bisnis. 85 persen perusahaan setidaknya pernah mengalami serangan siber ransomware dalam satu tahun belakangan. Menurut data dari Veeam Data Protection Trends Report 2023, dari serangan-serangan tersebut setidaknya 93 persen menargetkan tempat penyimpanan backup.

Hal ini menuntut bisnis dan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan keamanan data mereka. Tentunya, sistem keamanan tersebut membutuhkan berbagai lapisan yang dapat melindungi data penting perusahaan. Dalam hal ini, backup atau pencadangan data menjadi lapisan terakhir dalam sistem keamanan digital.

Lewat acara Meet Eat Inspire (MENS) bertema ‘Optimizing Data Backup with Next Generation Data Center’ yang digelar oleh Hypernet Technologies di JS Luwansa Hotel & Convention Center Jakarta pada Kamis (12/9/2024), para pelaku bisnis diberikan beberapa solusi.



Ada beberapa pembicara ahli yang hadir untuk memberikan pemaparan dan eduksi, yaitu ISG Sr Solutions Architect Lenovo William, Strategic Presales Veeam Regilang Monyka Putra, dan Financial Services Sales Business Partner Dept Head Hypernet Technologies Ibnu Malik.

Menurut Strategic Presales Veeam Regilang Monyka Putra, ada tiga hal yang harus dilakukan perusahaan untuk mencegah terjadinya kehilangan data akibat serangan siber. Pertama, memproteksi data dengan backup, mendeteksi terjadinya serangan, dan melakukan verifikasi untuk memastikan proses recovery berjalan dengan baik.

Selaras dengan Veeam, ISG Sr Solutions Architect Lenovo William juga menekankan pentingnya proteksi terhadap jaringan serta perangkat yang digunakan oleh karyawan dalam sebuah organisasi. Sebab, jalur masuk serangan siber sebagian besar berasal dari e-mail atau tautan di internet sehingga dibutuhkan proteksi berlapis untuk mencegah kehilangan dan pencurian data.

Melihat berbagai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan, Hypernet Technologies menggandeng Veeam dan Lenovo untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya memaksimalkan backup data. Selain itu, juga menyediakan ruang bagi pemilik bisnis dan perusahaan untuk mendiskusikan solusi terbaik bagi kondisi dan situasi yang dihadapi.

Untuk mengetahui informasi detail mengenai berbagai layanan keamanan siber dan perkembangan terbaru mengenai Hypernet Technologies dapat mengunjungi website www.hypernet.co.id atau kanal media sosial resmi Hypernet Technologies, di LinkedIn, Facebook, dan Instagram @hypernet.technologies.
(skr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More