Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar

Senin, 08 April 2024 - 10:30 WIB
Mesh Wi-Fi seperti TP Link Deco X10 memberikan opsi kustomisasi bagi pengguna untuk mengatur internet di rumah. Foto: Sindonews/Danang Arradian
JAKARTA - Adopsi mesh Wi-Fi semakin populer. Terutama, di rumah tingkat ketika masing-masing anggota keluarga butuh internet cepat di seluruh penjuru rumah.

Mesh Wi-Fi sendiri berperan sebagai “jala pemancar sinyal” dari router utama yang terhubung di layanan penyedia jaringan Internet. Alat ini akan membantu menguatkan sinyal Wi-Fi di seluruh penjuru rumah. Khususnya, di tempat-tempat yang tidak terdeteksi.

Kebutuhan terhadap Mesh Wi-Fi ini belakangan semakin tinggi, kebutuhan akan sinyal W-Fi yang stabil di seluruh penjuru rumah. Perangkat seperti TP-Link Deco X10 tak sekadar berfungsi sebagai mesh Wi-Fi saja.

Namun, memiliki dukungan seperti aplikasi Deco yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya Parental Controls untuk membatasi konsumsi internet di rumah, serta fitur keamanan untuk menghindari spam.

1. Perangkat



TP-Link Deco X10 dipasarkan dalam opsi 1, 2, dan 3 pack. Di marketplace, harga Deco X10 adalah Rp1,8 juta. 1 unit Deco X10 bisa mengkover wilayah hingga 185 meter persegi. Artinya, untuk rumah 2 lantai sebenarnya cukup 1 atau 2 unit Deco X10 saja.

Desainnya sendiri elegan, dengan warna putih dan terlihat indah sebagai “pajangan”. Di dalam dus bawaan, pengguna sudah mendapatkan kabel power adapter juga ethernet untuk dicolok ke modem.

Proses instalasi pun mudah. Hanya saja setelah itu pengguna perlu melakukan penyetelan ulang beberapa perangkat elektronik karena jaringannya baru. Misalnya jika di rumah memakai CCTV, Smart TV, lampu pintar, dan lainnya.

2. Penggunaan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More