Bukan Apple, Tapi Pixar dan Toy Story yang Membuat Steve Jobs Jadi Miliarder

Senin, 08 April 2024 - 07:57 WIB
Menurut laporan, IPO Pixar dan kesuksesan besar film Toy Story yang justru membuat Steve Jobs menjadi miliarder untuk kali pertama. Foto: ist
JAKARTA - Steve Jobs identik dengan Apple, perusahaan teknologi raksasa dan paling berpengaruh di dunia yang ia ikut dirikan.

Tapi, sebenarnya ada cerita unik tentang Jobs yang tidak banyak diketahui. Yakni, hubungan Jobs dengan Pixar Animation Studios, yang justru malah membentuk karir dan kekayaannya.

Menurut laporan, IPO Pixar dan kesuksesan besar film Toy Story yang justru membuat Jobs menjadi miliarder untuk kali pertama.

Keluar dari Apple, Awal dari Kisah Pixar

Usai terusir dari Apple pada 1985 karena perselisihan dengan dewan direksi, Jobs berada di persimpangan. Momen penting ini membawanya ke Pixar.



Pada pertengahan 1990-an, sambil mempertimbangkan kembali ke Apple, Jobs mengaku kepada Lawrence Levy, kolega Pixar, tentang keraguan akan masa depan Apple dan potensinya dalam menghidupkan perusahaan itu kembali.

Selama masa ini, Jobs memimpin Pixar, mengakuisisi divisi grafik komputer dari Lucasfilm pada 1986, dan mengubahnya menjadi studio independen.

Di bawah kepemimpinannya sebagai CEO dan pemegang saham utama, Pixar merevolusi animasi dan memperkuat warisan keuangan Jobs.

IPO Pixar dan Kesuksesan Besar "Toy Story"

Titik balik Steve Jobs terjadi saat IPO (Initial Public Offering) Pixar pada November 1995, bertepatan dengan rilis "Toy Story," film panjang pertama studio tersebut. IPO Pixar sukses besar, membuat Jobs masuk dalam jajaran miliarder.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More