5 Cara Bersihkan Keyboard Laptop agar Kinclong dan Bebas Kuman

Jum'at, 05 Januari 2024 - 19:24 WIB
Laptop keyboard dan komputer yang jarang dibersihkan akan jadi sarang kuman atau bakteri. (Foto: Freepik)
JAKARTA - Keyboard laptop dan komputer sebagaimana perangkat lain juga memerlukan perawatan berkala. Menjaga kebersihan adalah salah satunya. Sebab laptop keyboard dan komputer yang tidak terawat atau jarang dibersihkan justru jadi sarang kuman atau bakteri.

Dalam riset CBT Nuggets, keyboard menduduki tempat kedua dengan jumlah bakteri sebanyak 3,5 juta. Angka ini membuat keyboard bahkan lebih kotor daripada dudukan toilet.

Fakta ini membuat rutinitas membersihkan keyboard menjadi sebuah kewajiban lantaran nyaris tiap hari banyak orang berinteraksi dengan komponen ini. Tak hanya demi menghindari penumpukan kotoran dan debu tapi juga performa laptop dan komputer.

Berikut cara tepat membersihkan keyboard laptop dan komputer dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/1/2024).

1. Matikan Laptop atau Komputer



Langkah pertama, pastikan laptop atau komputer dalam keadaan mati. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan serta menghindari kerusakan saat proses pembersihan. Karena mungkin saja kamu akan menekan tombol tertentu saat proses pembersihan.





2. Balik dan Tepuk Keyboard secara Perlahan



Setelah laptop sudah mati, balik keyboard dan tepuk bagian belakang laptop dengan perlahan. Cara satu ini mudah dilakukan untuk membersihkan sisa remahan yang mungkin masuk dalam celah tombol.

3. Gunakan Kuas Lembut

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More