Apa Itu DNS ? Berikut Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerjanya

Selasa, 26 Desember 2023 - 20:50 WIB
Apa Itu DNS ? ini penjelasannya. FOTO/ THE VERGE
JAKARTA - Istilah DNS ( Domain Name System) seringkali membuat orang kebingungan akan makna, fungsi maupun cara kerjanya. Terlebih untuk mereka yang tidak pernah berurusan dengan sistem domain.



Biasanya seseorang yang menginginkan fitur tambahan ketika mengakses internet akan mengubah DNS bawaan dengan cara masuk ke pengaturan jaringan WiFi.

Dengan penggantian DNS tersebut seseorang dapat memperoleh beberapa fitur baru ketika mengakses internet, baik itu berupa kecepatan maupun keamanan.

Pengertian DNS





adalah sistem yang digunakan untuk mengonversi nama domain ke alamat IP yang sesuai. Sederhananya, sistem ini akan berfungsi sebagai buku telepon internet yang memetakan nama domain ke alamat IP yang sesuai.

Ketika seseorang memasukkan nama domain di peramban web, sistem DNS akan mencari alamat IP yang terkait dengan nama domain tersebut, sehingga peramban dapat mengarahkan ke server penyimpan situs web yang dicari.

DNS bekerja dengan menggunakan hirarki sistem domain, di mana setiap tingkatan memiliki perannya sendiri. Contohnya, domain ".com", ".org", atau ".net" yang berada di bagian paling atas hierarki.

Fungsi DNS



Fungsi utama DNS adalah mengonversi nama domain yang mudah diingat menjadi alamat IP numerik yang sesuai. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses situs web atau layanan online dengan menggunakan nama domain alih-alih harus mengingat serangkaian angka IP.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More