Kantor Berlomba-lomba Dongkrak Perangkat Jaringan Internet di Era New Normal

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:55 WIB
Pengelola perkantoran meningkatkan perangkat jaringan internetnya untuk meningkatkan kualitas kerja digital karyawannya. Foto/Ist
JAKARTA - Masa transisi PSBB (pembatasan sosial berskala besar) atau setelahnya yang dikenal sabagai masa New Normal membuat kebutuhan internet di perkantoran semakin penting. Sebab manajamen harus melayani para karyawan yang sebagian bekerja di kantor dan sebagian lagi di rumah. (Baca juga: Update Corona: Positif 118.753 Orang, 75.645 Sembuh dan 5.521 Meninggal )

Hal ini membutuhkan pemilihan device jaringan internet terbaik sesuai kebutuhan. Sesuai Peraturan Kementerian Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi, perusahaan menyusun protokol baru yang harus dijalankan. Di antaranya tempat kerja yang aman dan sehat dengan memerhatikan higienitas dan sanitasi lingkungan.



Tak hanya itu, perusahaan juga mengatur siapa karyawan yang diprioritaskan bekerja di kantor dan siapa melanjutkan Work from Home (WFH), mengembangkan infrastruktur pendukung, komunikasi yang lancar dan aman, serta dorongan memacu produktivitas tapi tetap aman. Semua aktivitas ini, bertujuan membangun interaksi aman yang harus dilakukan secara online mulai dari absensi, pengecekan karyawan, virtual meeting, komunikasi dan lainnya, yang artinya membutuhkan internet tangguh.

Karena itu, tidak aneh jika perusahaan yang sudah membuka aktivitas kantornya untuk meng-upgrade perangkat jaringan internet yang dimiliki agar bisa mendukung semua aktivitas dalam sebuah tatanan baru. Jika tidak, bisnis akan terkendala dan sulit mengejar ketertinggalan selama 4 bulan masa PSBB.



“Begitu mau masuk kantor, hal pertama yang dipikirkan adalah bagaimana membuat internet kantor berjalan dengan maksimal. Banyak yang meminta upgrade device jaringan dan yang paling banyak disukai adalah perangkat perangkat dari kategori Small Medium Business (SMB)," ungkap Yoshia, Marketing Manager TP-Link Indonesia di Jakarta.



Produk SMB ini hadir karena perangkat router biasa tidak dapat menunjang kebutuhan internet di lingkungan yang lebih kompleks, seperti gedung perkantoran. Lingkungan seperti ini membutuhkan manajemen perangkat jaringan yang lebih advance.

"Dan yang lagi popular dicari saat ini adalah access point. Soalnya perusahaan harus melayani karyawan di kantor dan di rumah sekaligus serta pemanfaatan untuk kebutuhan internet yang makin besar terkait pemasaran," papar Yoshia.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More