Studi: 70 Persen Konsumen Online di Asia Tenggara adalah Gamer

Sabtu, 04 Maret 2023 - 16:58 WIB
7 dari 10 Konsumen Online Asia Tenggara rutin bermain game. Bahkan 56 persen bermain game beberapa kali dalam sepekan. Foto: dok Samsung
Ternyata konsumen di Asia Tenggara tergila-gila pada game. Hal tersebut terungkap dari studi Southeast Asia and Oceania (SEAO) Gaming Insight Study yang menemukan bahwa 7 dari 10 konsumen online di wilayah ini adalah gamer. Mereka menunjukkan kecintaan tinggi terhadap gaming baik di rumah ataupun saat sedang mobile.

Penelitan yang melibatkan ONE Esports tersebut mensurvei lebih dari 6.800 konsumen berusia 18 hingga 49 tahun di tujuh pasar (Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) pada kuartal terakhir 2022. Berikut adalah sejumlah temuan faktanya:

1. Alasan utama untuk bermain game adalah menghilangkan stres dan bersantai (74%)

2. Rata-rata 7 jam seminggu dihabiskan untuk bermain game.





3. Sebagian besar gamer (92%) lebih suka bermain game dengan nyaman di rumah.

4. Lebih dari separuh gamer (58%) menghabiskan rata-rata USD30 per bulan untuk membeli konten online eksklusif, tiket turnamen esports, langganan streamer, skin, dan koleksi merchandise.

5. Studi ini mengidentifikasi empat kepribadian gamer berbeda: Hardcore Gamer, Gaming Enthusiast, Casual Gamer & Spectator, serta Casual Gamer, berdasarkan total waktu yang mereka habiskan untuk bermain game dan menonton konten game atau esports.

6. Lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei (54%) melakukan hobi ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu, terdiri dari Hardcore Gamer dan Gaming Enthusiast.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More