Peramban Web Hemat Data

Selasa, 28 April 2015 - 15:44 WIB
Peramban Web Hemat Data
Peramban Web Hemat Data
A A A
JAKARTA - Sebagian besar wilayah Indonesia masih belum terjangkau akses jaringan 3G. Untuk mengakalinya, konsumen bisa menggunakan peramban web hemat data, sehingga tetap bisa berjalan dengan baik di jaringan 2G.

Hal itu membuat pengguna peramban web seperti Opera terus meningkat. Mobile browser tersebut mengklaim mampu memberi akses internet cepat nan ringan dengan konsumsi data yang sedikit di jaringan 2G. ”Kompresi data Opera membuat Anda dapat mengakses internet dengan cepat meskipun koneksi jaringan yang Anda terima lemah,” ungkap Head of PR & Communications Asia Opera Software di Jakarta, Peko Wan.

Tidak heran, Peko sapaan akrabnya menyebut bahwa pengguna Opera sangat tinggi di kawasan Indonesia yang belum tersentuh 3G. Khususnya di pedalaman atau daerah terpencil yang sinyalnya kurang bagus atau bahkan baru tersentuh internet.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang dengan pengguna Opera terbesar di dunia. ”Dari 130 juta pengguna global, 30 juta diantaranya berasal dari Indonesia,” tambah Peko.

Peko sendiri menyebut, bahwa pihak Opera terus melakukan pembenahan pada fitur, untuk bersaing dengan peramban web lainnya seperti Firefox, Chrome, Baidu, hingga UC Browser. Salah satunya adalah menambah layanan berita, menjadikan browser tersebut juga sebagai smart news app.

Soal strategi pemasaran Opera di Indonesia, Key Account Manager Opera Indonesia Wuri Rostandy menilai, Opera sudah cukup lama bekerja sama dengan beberapa operator telekomunikasi di tanah air, seperti XL, Tekomsel, Indosat, 3 (Three), dan Smartfren.

”Bentuk kerja sama dengan operator ini adalah mereka memberikan pilihan paket-paket internetan irit dengan menggunakan Opera sebagai browser,” ungkap Wuri, sapaan akrabnya. Selain itu, ia juga menuturkan bahwa, Opera juga bekerja sama dengan beberapa e-Commerce dan media-media online untuk mengisi konten di dalam layanan yang di berikan Opera. “Ke depannya, Opera berharap menjadi browser dengan layanan one stop service,” tambahnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0353 seconds (0.1#10.140)