ARC Pen Bantu Penderita Parkinson

Senin, 27 April 2015 - 22:30 WIB
ARC Pen Bantu Penderita Parkinson
ARC Pen Bantu Penderita Parkinson
A A A
LONDON - Penyakit parkinson biasanya mengalami kesulitan untuk melakukan tugas-tugas sederhana misalnya mengambil benda berukuran kecil, berbicara dengan baik, berjalan dan bahkan menulis sebuah catatan kecil. Butuh bantuan untuk melakukan aktifitas itu.

Setelah beberapa waktu lalu diluncurkan sendok khusus bagi penderita parkinson, oleh perusahaan Liftware. Kali ini diluncurkan sebuah alat baru yang bernama ARC Pen, seperti dilansir dari wired, Senin (27/4/2015).

Pena khusus ini dikembangkan sekelompok mahasiswa dari Inggris Royal College of Art dan Imperial College London. Ilmuwan bernama Lucy Jung memimpin tim ini. Salah satu gejala parkinson adalah tulisan tangan pasien menjadi lebih kecil dan lebih sempit, semakin lama ia menulis, maka semakin tidak terbaca.

ARC Pen diharapkan bisa mencegah hal itu terjadi, karena merangsang otot kunci melalui getaran, di dalamnya terdapat semacam motor yang terintegrasi. Sehingga pengguna memperoleh kontrol yang lebih baik atas setiap gerakan tangan mereka. ARC Pen ukurannya relatif besar, lebih nyaman untuk dipegang ketimbang pena berukuran biasa.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1053 seconds (0.1#10.140)