Ingin Jago Jadi Pilot Drone, Coba Simulatornya

Rabu, 15 April 2015 - 19:09 WIB
Ingin Jago Jadi Pilot Drone, Coba Simulatornya
Ingin Jago Jadi Pilot Drone, Coba Simulatornya
A A A
SENTUL - Acara Drone Party di Taman Budaya, Sentul City, beberapa waktu silam (13/4) tidak hanya menarik karena berbagai varian multirotor ditampilkan. Seperti Mini 250, quadcopter Phantom, octocopter DJI S1000, hingga kelas ”toys” seperti A.R Drone.

Bukan hanya itu, di acara tersebut para pehobi dapat belajar melalui software simulator untuk menerbangkan drone. Dengan begitu bagi pemula tak ada khawatir kalau drone yang digunakan lepas kendali.

”Software Phoenix R/C Simulator ini 80%-90% sama seperti aslinya. Yang 10% hanya faktor psikologis saja,” ungkap Deddy R, salah satu instruktur APDI. Realitas tersebut karena pemain langsung menggunakan remote Spektrum DX7 yang biasa digunakan untuk helikopter, quadcopter, atau pesawat fixed wing. Remote tersebut dihubungkan melalui kabel simulasi lewat selot trainer ke laptop.

Sejumlah pehobi drone yang mencoba mengaku kagum. ”Wah responsnya akurat sekali, seperti sedang terbang menggunakan wahana asli,” ungkap Andy, setelah beberapa lama memainkan remote. USB Simulator Cable Phoenix RC dibanderol Rp100 ribuan, sedangkan softwarenya dapat diunduh dari internet.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7241 seconds (0.1#10.140)