DMI Gandeng Telkom Bikin Sayembara Desain Masjid

Kamis, 26 Maret 2015 - 18:17 WIB
DMI Gandeng Telkom Bikin Sayembara Desain Masjid
DMI Gandeng Telkom Bikin Sayembara Desain Masjid
A A A
JAKARTA - Belum ada panduan tentang tata cara mendesain dan membangun masjid yang detil, benar, dan baik secara visual maupun fungsi kaidah syar’i. Padahal, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, kebutuhan masjid di Indonesia terus meningkat.

Hal itulah yang melatarbelakangi dihelatnya Sayembara Desain Arsitektur Masjid (SDAM) oleh Dewan Masjid Indonesia dengan dukungan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Indonesia Syiar Network (ISN), serta PT Telkom Indonesia.

Sayembara tersebut meminta peserta untuk membuat konsep desain masjid “Jami Nurul Amal” yang terletak di Muara Gembong, Bekasi.

”Peserta hanya perlu membuat rancangan desain masjid secara digital, untuk kemudian mengunggahnya di situs sayembaramasjid.ucontest.info,” ujar Chief of Telkom DDB Accelerator, Achmad Sugiarto.

”Platform UContest dari Telkom memudahkan peserta untuk melakukan kompetisi secara digital dengan cepat,” katanya.

Kegiatan tersebut terbagi dalam tiga tahap. Yakni pendaftaran pada 23 Maret-27 April 2015, Aanwijzing pada 3 April 2015, pengumpulan karya pada 13 April-27 April 2015, penjuarian pada 30 April 2015, dan pengumuman pemenang di 1 Mei 2015. Adapun malam apresiasi pada 3 Mei 2015 akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DMI, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Total hadiah adalah Rp50 juta, rinciannya juara pertama Rp35 juta, juara kedua Rp10 juta, serta juara ketiga Rp5 juta. Penilain konsep desain yang masuk dilakukan oleh imam besar masjid Istiqlal Ali Mustafa Ya’qub serta perwakilan IAI dan Architectural H&T.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6492 seconds (0.1#10.140)