Project Ara Gebrak Puerto Rico Tahun Ini

Kamis, 26 Maret 2015 - 09:19 WIB
Project Ara Gebrak Puerto Rico Tahun Ini
Project Ara Gebrak Puerto Rico Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Tahun ini juga Google mulai menjalankan program percontohan Project Ara di pulau kecil Puerto Rico, AS, semester kedua 2015. Project Ara adalah ponsel modular yang bagian-bagiannya bisa ditukar.

Tujuannya, agar setiap konsumen bisa memiliki ponsel yang fiturnya benar-benar ia gunakan dan butuhkan. Misalnya ingin baterai yang lebih besar atau kamera lebih canggih. Hanya perlu menukar modul seperti kamera, prosesor, memori, bahkan sensor tertentu layaknya pengukur gula darah.

Project Ara ibarat komputer rakitan dimana konsumen bisa merancang komputer sesuai budget dan kebutuhannya. Apakah ingin membuat komputer dengan fitur biasa saja, atau malah supercanggih.

Program percontohan di Puerto Rico itu, menurut analis Gartner Jon Erensen akan menjawab pertanyaan ini: Apakah peminat smartphone modular hanya terbatas pada pehobi atau justru bisa menarik konsumen yang lebih luas? Puerto Rico sendiri memiliki karakter yang sangat mirip dengan Indonesia.

Pulau kecil itu padat penduduk, 75% akses internet dilakukan melalui ponsel, dengan merek ponsel yang bervariasi. Jika Project Ara sukses diterima masyarakat luas di Puerto Rico, maka besar kemungkinan akan sukses pula di pasar Indonesia.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7949 seconds (0.1#10.140)