Popularitas Android One Kalahkan iPhone 6

Senin, 16 Maret 2015 - 10:33 WIB
Popularitas Android One Kalahkan iPhone 6
Popularitas Android One Kalahkan iPhone 6
A A A
JAKARTA - Kehadiran Android One di Indonesia benar-benar menyedot perhatian konsumen Tanah Air. Fenomena hadirnya Android one diklaim mengalahkan popularitas iPhone 6.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Forum (IIF), Teguh Prasetya. Dia mengatakan, fenomena Android One benar-benar menghebohkan pasar Tanah Air.
Menurut Teguh, dari hasil pengamatan IIF, pemberitaan hadirnya Android One di Indonesia sebanyak 711.000 artikel, sementara untuk iPhone6 hanya 505.000 artikel. Untuk pemberitaan global, artikel yang mengupas tentang Android One sebanyak 942 juta sementara iPhone6 hanya 63,1 juta artikel.

Tidak sampai disitu, bahkan dia menuturkan, dilihat dari penjualan Android One, begitu cepat habis terjual lewat jalur pre-order. "Bahkan Android One yang dirilis Mito, kami mencatat yang tercepat diserbu konsumen. Hanya dalam hitungan waktu dua jam, sudah terjual ribuan unit," ungkap Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Forum ini melalui surat elektronik kepada Sindonews, Senin (16/3/2015).

Fenomena Android One menjadi tolak ukur, smartphone besutan Google tersebut menyasar segmen yang tepat. Jika di India kurang sukses, tapi lain cerita di Indonesia. Teguh menambahkan, pasar Indonesia merupakan lima besar pengguna layanan internet populer di dunia.

Saat ini sekitar 70 juta pengguna internet, dan jumlahnya akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. "Pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia juga semakin besar. Pada 2013, lalu lintas pengguna di Indonesia yang mengakses internet melalui smartphone, berhasil mengalahkan lalu lintas pengguna yang menggunakan desktop," jelasnya.

Di Indonesia, jumlah pengguna Android juga mengalami pertumbuhan pesat, dengan peningkatan sebesar 150% dari 2014 ke 2015. Ini yang membedakan Android dengan IOS. Android lebih cepat pertumbuhannya dan menyasar multi segmen dibanding dengan IOS (iPhone).

"Kami yakin akan ada gebrakan sejenis dari Google untuk menghadirkan Android One versi lainnya," tandas Teguh.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9213 seconds (0.1#10.140)