Cara Mempercantik Smartphone Kesayangan

Selasa, 03 Maret 2015 - 13:01 WIB
Cara Mempercantik Smartphone Kesayangan
Cara Mempercantik Smartphone Kesayangan
A A A
JAKARTA - Kecanggihan smartphone ternyata tidak menjamin ketahanan perangkat tersebut, baik terhadap goresan ataupun benturan. Karena itu, ada beberapa hal sederhana yang dapat jadi pertimbangan untuk dilakukan untuk mempercantik smartphone kesayangan Anda.

Tentukan Fungsi

Phone case memiliki beragam bentuk, dan dua fungsi berbeda yang berpengaruh terhadap kualitas. Casing yang berfungsi sebagai aksesoris, akan memperindah tampilan ponsel Anda.

Case jenis ini, umumnya hadir dengan berbagai macam warna, bentuk, dan bahan. Walau enak digenggam, namun dari segi perlindungan akan kurang.

Sebaliknya, ada phone case yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung. Case tersebut dirancang agar ponsel terhindari dari ancaman tergores, terbentur atau terjatuh. Karena ditujukan untuk melindungi bodi, ukurannya lebih besar dan kurang nyaman digenggam. Dari segi bentuknya pun acap tidak terlalu menarik.

Pilih Hardcase atau Softcase

Jenis bahan phone case akan menentukan ketahanannya. Secara garis besar, ada dua bahan yang ada di pasaran, yakni hardcase dan softcase. Hardcase umumnya terbuat dari bahan keras, seperti logam atau plastik fiber. Jenis ini termasuk ampuh melindungi ponsel dari benturan, goresan, ataupun saat tertindih. Sebab, hardcase memiliki frame kokoh. Namun, bahannya yang keras membuat lama kelamaan hardcase bisa retak bahkan rusak dan harus diganti baru.

Softcase terbuat dari bahan yang lebih lunak seperti karet, silikon, atau kulit. Case jenis ini cukup dapat melindungi ponsel, walau idak sebaik hardcase. Desainnya pun umumnya bervariasi dan lebih menarik. Softcase berbahan kulit, makin lama kualitasnya akan semakin jelek, menipis dan sobek. Sedangkan yang berbahan karet semakin lama ukurannya akan semakin longgar.

Cermati Ukuran dan Warna

Ketika membeli sebuah case, pastikan Anda membeli yang sesuai dengan seri atau tipe ponsel, sehingga ukurannya pas. Jangan membeli sebuah case hanya karena terlihat menarik atau kokoh, namun ukurannya tidak pas. Bisa saja ketika jatuh ponsel justru terpental lepas dari case-nya dan jatuh dalam keadaan tanpa case. Oleh karena itu ketika membeli usahakan untuk meminta dicoba terlebih dahulu.

Persoalan warna mungkin terdengar sepele, tapi siapa sih yang mau dibilang norak. Pilihlah warna phone case yang senada atau cocok dengan warna ponsel. Anda mungkin menyukai warna atau corak yang ada pada case tersebut, tapi jangan sampai nantinya Anda menyesal karena telinga Anda panas mendengar cemooh dari orang lain.

Pilih Full Body atau Tidak

Penting sekali untuk menentukan case yang menutup seluruh permukaan bodi ponsel Anda atau tidak. Ini tergantung pada kebutuhan dan selera.

Jika merasa case jenis flip cover yang menutupi seluruh bagian ponsel membuat ribet, sebaiknya tidak memilih case full body. Phone case yang meng-cover seluruh bagian ponsel Anda tentu akan sangat melindungi ponsel dari benturan dan goresan.

Selain itu, juga memberikan perlindungan dari debu yang bisa masuk ke bagian dalam ponsel. Jika Anda senang melakukan aktifitas di luar, mungkin akan mempertimbangkan juga memilih case full body yang juga memilki fitur waterproof. Namun, ada yang mesti diingat, jangan sampai case tersebut membuat ponsel tidak dapat melepaskan udara panasnya, karena suhu panas pada ponsel dapat menggangu kinerja.

Tentukan Budget, Cermati Fitur

Ada baiknya jika Anda membeli phone case yang sesuai dengan isi dompet. Perlu diingat, berapa budget yang tersedia untuk membeli phone case. Karena Anda juga harus menyisakan dana untuk hal yang tak diinginkan, misalnya jika ponsel rusak atau bahkan hilang.

Oleh karena itu, Anda harus rasional dalam membelinya. Lihat harganya, jika perlu bandingan harga merek phone case satu dengan lainnya, lihat keunggulan dan kekurangannya.

Beberapa phone case memberikan fitur seperti kantung-kantung yang dapat dipergunakan untuk menaruh sesuatu. Ada pula sebuah phone case yang memberikan fitur untuk mengakses tampilan untuk user interface pada ponsel. Karena itu, pertimbangkan dahulu apakah fitur tambahan yang diberikan phone case benar-benar Anda perlukan atau tidak.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9536 seconds (0.1#10.140)