Menarik, Ada Aplikasi Nulis Aksara Jawa

Senin, 02 Maret 2015 - 16:08 WIB
Menarik, Ada Aplikasi Nulis Aksara Jawa
Menarik, Ada Aplikasi Nulis Aksara Jawa
A A A
JAKARTA - Tak melupakan budaya Indonesia sebuah aplikasi unik, syarat dengan pelestarian di ciptakan oleh developer asli Indonesia yaitu sebuah aplikasi 'aksara Jawa'. Karena, seiring perkembangan zaman aksara jawa kian tergerus oleh budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Tak banyak anak muda yang dapat membaca atau menulis tulisan dalam aksara jawa. Hal inilah yang yang menjadi salah satu alasaan sebuah startup pengembang aplikasi android asal Boyolali bernama MUHFAU.

Mereka mengembangkan dan membuat aplikasi Nulis Aksara Jawa. Aplikasi ini berjalan di OS android yang memungkinkan pengguna untuk dapat membaca dan menulis tulisan dalam aksara jawa.

Dengan aplikasi ini pengguna yang tidak dapat membaca ataupun menulis dalam aksara jawa dapat terbantukan. Aplikasi ini memiliki fitur konversi tulisan dari huruf latin menjadi aksara jawa dan aksara jawa menjadi tulisan latin.

Pengguna cukup menuliskan kata atau kalimat dengan keyboard lalu menekan tombol KONVERSIKAN, maka tulisan dalam bentuk aksara jawa hasil konversi akan tampil di layar. Dapat disimpan sebagai gambar sehingga dapat dibagikan untuk teman-teman maupun diunggah melalui social media.

Begitu juga sebaliknya, di layar monitor disajikan keyboard aksara jawa yang dapat mengetikkan huruf-huruf dalam bentuk aksara jawa. Pengguna hanya tinggal mengetikkan kata atau kalimat dalam aksara jawa melalui keyboard tersebut maka di layar akan tampil hasil konversi dalam bentuk tulisan latin.

Selain dua fitur utama di atas, aplikasi ini juga terdapat fitur input suara untuk menu konversi tulisan latin menjadi aksara jawa. Jadi, pengguna hanya tinggal mengucap kata atau kalimat maka di layar akan muncul hasil konversi dalam bentuk aksara jawa.

Kemudian untuk menu konversi tulisan aksara jawa menjadi tulisan latin terdapat fitur teks menjadi suara. Jadi, perangkat android pengguna dapat mengucapkan tulisan yang telah diketikkan dalam aksara jawa.

Aplikasi Nulis Aksara Jawa dapat diunduh di Google Play Store di alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.muhfau.nulisjawa.

Per tanggal 2 Maret 2015, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5000 kali. Aplikasi ini mendapat banyak respon positif dari pengguna android dengan didapatkannya rating 4.3 bintang.

Sebagai informasi MUHFAU adalah sebuah startup yang berasal dari Boyolali, sebuah kabupaten di Jawa Tengah. MUHFAU bergerak di bidang pengembangan aplikasi mobile khususnya Android. Aplikasi yang dikembangkan diantaranya berisi konten-konten lokal dengan mengangkat budaya Indonesia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1992 seconds (0.1#10.140)