Perusahaan Harus Punya Aksesibilitas BYOD

Senin, 16 Februari 2015 - 16:38 WIB
Perusahaan Harus Punya Aksesibilitas BYOD
Perusahaan Harus Punya Aksesibilitas BYOD
A A A
JAKARTA - Bencana banjir yang melumpuhkan Jakarta beberapa waktu lalu mengingatkan pentingnya menjaga aktivitas bisnis di perusahaan. Namun, inilah cara menjaga agar perusahaan mampu memastikan aksesibilitas BYOD (bring your own device).

Country Manager F5 di Indonesia, Fetra Syahbana mengungkapkan, banyak kasus terjadi perusahaan yang kehilangan potensi bisnis ataupun kerugian, karena karyawan tidak bisa mengakses informasi maupun aplikasi yang terdapat di dalam sistem perusahaan. "Setidaknya akses ke aplikasi perusahaan selalu tersedia, dapat diakses dengan cepat dan aman. Perusahaan juga harus melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan dampak bencana terhadap bisnis," ujarnya melalui surat elektronik kepada Sindonews, Senin (16/2/2015).

Dia menjelaskan, memang tren BYOD menjadi solusi yang memungkinkan para karyawan memilik akses ke dalam sistem perusahaan. Namun, permasalahan selanjutnya yang timbul adalah aksesibilitas aplikasi berjalan lambat atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

"Hal ini terjadi karena lonjakan traffic dari user yang mengakses sistem perusahaan dari luar jaringan perusahaan dan sistem perusahaan, tidak mampu mengelola incoming dan outgoing traffic dengan baik," ungkapnya. Menurutnya, demi menjaga keberlangsungan bisnis, perusahaan haruslah mampu memastikan bahwa akses ke aplikasi perusahaan memiliki tingkat ketersediaan yang tinggi, mampu berjalan dengan cepat, bisa diandalkan.

"Tentu saja dapat diakses dengan aman terlepas dari mana dan kapan user mengakses, serta di mana aplikasi perusahaan tersebut disimpan (cloud ataupun on-premise)," ungkapnya.

Perusahaan juga harus bisa mengatasi tantangan aksesibilitas ini seiring dengan meningkatnya kompleksitas sistem yang diakibatkan karena BYOD – aplikasi dan pengguna sama sama berpindah-pindah tempat. Sehingga user juga dapat mengaksesnya di manapun aplikasi tersebut berada, dan salah satu platform yang mampu menyediakan hal ini adalah F5 Synthesis.

"Dengan memanfaatkan platform ini, perusahaan akan memiliki sistem keamanan yang skalabel, fleksibel, dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dan tentu saja efektif secara biaya," pungkas Fetra.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1315 seconds (0.1#10.140)