Android One Sapa Pasar Indonesia

Selasa, 10 Februari 2015 - 21:40 WIB
Android One Sapa Pasar Indonesia
Android One Sapa Pasar Indonesia
A A A
JAKARTA - Kabar gembira. Pertama kali diumumkan di Google I/O pada Juni 2014 silam, akhirnya platform Android One resmi menyapa pasar Indonesia.

Ada tiga vendor lokal pengusungnya, yakni Nexian, Mito, dan Evercoss. Sepintas platform Android One yang menggunakan OS Android Lollipop itu tidak berbeda dengan Android biasa. Fiturnya mirip. Paling terasa ada pada harga. Semua ponsel dengan platform Android One menyasar segmen menengah ke bawah dengan harganya yang terjangkau yakni di bawah Rp2 juta.

Ini karena Google secara khusus memberikan standar spesifikasi hardware khusus kepada para OEM (original equipment manufacturers) yang dapat berjalan secara maksimal di Android One. Mulai dari CPU (central processing unit), GPU (graphics processing unit), ruang simpan, tipe baterai, hingga tipe kamera.

Secara umum standarnya adalah layar 4.5 inci, RAM 1 GB, kamera utama 5 MP, serta prosesorquadcore. Tujuannya simpel. Agar vendor tidak perlu lagi memilih dan menguji hardware mana yang paling cocok untuk Android One. Sehingga bugs, keamanan, serta update dapat dilakukan paling cepat.

Terpenting sesuai dengan standar Google. Skema Android One sengaja dirancang di negara berkembang. Diawali di India, berlanjut ke Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6985 seconds (0.1#10.140)