Siri Diklaim Terakurat Uji Multi Bahasa

Senin, 09 Februari 2015 - 13:40 WIB
Siri Diklaim Terakurat Uji Multi Bahasa
Siri Diklaim Terakurat Uji Multi Bahasa
A A A
WASHINGTON - Sebuah tes uji keakuratan dilakukan dari tiga aplikasi asisten pribadi dunia maya dalam pengujian suara diaktifkan ke penggunaan multi-bahasa. Ternyata aplikasi Siri lebih akurat dibandingkan Cortana dan Google Now.

Dilansir dari Phonearena, Senin (9/2/2015), sebanyak 18 pertanyaan dalam bahasa Inggris, Italia, Perancis, Jerman dan Mandarin diminta untuk masing-masing diuji ke tiga asisten pribadi tersebut. Mereka yang memberi jawaban cepat dan benar akan menerima skor 1,0.

Terus memberi jawaban yang benar tapi tersembunyi di antara hasil pencarian diberi skor 0,5. Sedangkan untuk jawaban yang tidak relevan dengan pertanyaan, atau tidak dapat diselesaikan diberi skor 0,0.

Ketika sedang dilakukan ke dalam pengujian bahasa Inggris, ketiga aplikasi ini medapatkankan beberapa poin satu sama, Siri mendapat skor (14,5/18), menyusul Cortana (12,5/18) dan Google Now (11,5/18). Sedangkan, untuk aplikasi Siri berhasil menduplikasi kesuksesannya dalam bahasa Italia dengan skor 14,5, sedangkan Google Now dan Cortana membuntuti buruk dengan masing-masing skor 8,5 dan 6.

Sementara itu, untuk bahasa lain diperoleh hasil yang sama. Bahasa Mandarin dengan aplikasi Siri, perhitungannya sungguh mengesankan dengan skor 13,5, Cortana mencetak 5 dan Google Now tampil total dengan skor 1,5.

Menariknya, Cortana yang dikenal sebagai asisten pribadi, lebih mampu menanggapi penyelidikan dengan pencarian web. Tapi dalam hal akurasi di semua bahasa, Siri justru mencetak skor tertinggi sebesar 76%, Google Now mencapai 46%, baru kemudian Cortana di belakang dengan skor 42%.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6905 seconds (0.1#10.140)