Indonesia-AS Kerja Sama di Dunia Digital

Rabu, 14 Januari 2015 - 10:12 WIB
Indonesia-AS Kerja Sama di Dunia Digital
Indonesia-AS Kerja Sama di Dunia Digital
A A A
JAKARTA - Indonesia yang diwakili Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara menggandeng Robert O. Blake (Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia), bersama Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) kerja sama di dunia digital.

Ketiganya menandatangi program Social Media for Social Good. Blake mengatakan, Indonesia memiliki minat tinggi pada dunia digital terutama media sosial.

Hal ini terlihat dengan menempati posisi keempat sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia. "Kami sangat mendukung upaya KOPHI dalam program ini. Apabila Social Media for Social Good tahun ini sukses, kita dapat menyelenggarakan di tahun berikutnya dengan kota yang lebih banyak, agar dampaknya lebih merata," ungkapnya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Rabu (14/1/2015).

Menurut hasil studi yang dilakukan pada 2013, penetrasi digital masih terpusat di pulau jawa, terutama di kota-kota besar. Sebanyak 87% anak muda di Jakarta, Bandung dan Surabaya membuka profil media sosial mereka saat sedang membuka internet.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara mengemukakan, pihaknya yakin bahwa media sosial punya peranan penting, bisa untuk mengembangkan sesuatu yang positif.

"Kami butuh KOPHI berdiri di lebih dari 15 provinsi di Indonesia. Pemerintah akan memfasilitasi internet dengan kecepatan 4G secepat-cepatnya dalam tahun ini. Tapi yang lebih penting adalah meratakan internet literate dan kecepatan internet di daerah luar pulau Jawa sebagaimana juga inti dari program ini," tuturnya.

Social Media for Social Good adalah digital workshop di 6 kota di Indonesia diantaranya Jambi, Makassar, Bangka, Samarinda, Kupang, dan Ternate. Tujuannya adalah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mengangkat isu lokal menjadi isu global dengan memanfaatkan media digital, salah satunya ialah media sosial.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6713 seconds (0.1#10.140)