Mengulik Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Senin, 12 Januari 2015 - 11:31 WIB
Mengulik Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus
Mengulik Perbedaan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus
A A A
CALIFORNIA - Meskipun kedua ponsel anyar Apple ini belum masuk ke Indonesia, baiknya kita lihat beberapa perbandingan andata iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dari berbagai sisi.

Dilansir dari Techradar, Senin (12/1/2015), berikut beberapa perbandingan yang dapat dijadikan pedoman sebelum memutuskan ponsel mana sesuai kebutuhan Anda, Sindonews.com telah memilihnya dari berbagai sisi.

Desain

Desain Apple kali ini lebih tipis dan lebih ringan. iPhone 6 dengan layar 4,7 inci memiliki ketebalan hanya 6,9mm, memangkas 10% dari ketebalan pendahulunya iPhone 5S setebal 7,6mm dan lebih tipis dari saudaranya iPhone 6 Plus. Sedangkan iPhone 6 Plus memiliki ketebalan hanya 7,1mm.

Buat penggemar phablet, tangan Anda mungkin terbiasa menggenggam iPhone 6 Plus. Tapi buat yang kerap menyimpan ponsel di saku, iPhone 6 lebih sesuai dengan ukurannya yang lebih ramping.

Layar

Perbedaan signifikan kedua ponsel ini memang terlihat dari besar layar masing-masing. iPhone 6 sebesar 4,7 inci dengan resolusi 1.334x750 piksel. Sedangkan iPhone 6 Plus memiliki layar 5,5 inci dan resolusi 1.920x1.080 piksel.

Angka-angka ini menggambarkan keunggulan kedua ponsel dibandingkan pendahulunya iPhone 5S 1.136 x 640 piksel. Semua itu berarti pengguna mendapatkan kualitas piksel lebih banyak di iPhone 6 Plus.

Teks situs akan lebih besar, film dapat dilihat dari jauh, teks lebih tajam, dan sebagainya. Hal ini juga membuat perangkat keras dapat ditahan hanya dalam satu tangan.

Salah satu manfaat tambahan yang dapat dirasakan dari ruang layar tambahan pada iPhone 6 Plus, adalah kemampuan menjalankan aplikasi modus lansekap. Ini merupakan gaya iPad yang bisa digunakan bagi siapa saja yang ingin lebih banyak ruang, untuk bekerja dengan handset mereka.

Sebuah update terbaru untuk aplikasi Netflix yang didukung pemutaran video 1.080 piksel di layar iPhone 6 Plus 5,5 inci. Buat pengguna yang kerap menggunakan aplikasi Nerflix, menginginkan pemutaran film berkualitas baik, bisa memilih iPhone 6 Plus.

Kamera

Kedua iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki fitur teknologi lensa kamera yang sama. Itu berarti kamera berkekuatan 8MP, tetapi peningkatan f/2.2 aperture dan pengolahan algoritma. Sehingga gambar akan terlihat lebih baik dari sebelumnya di segala kondisi.

Dalam pengambilan gambar kedua ponsel memiliki keunggulan masing-masing. iPhone 6 akan lebih mudah mengambil gambar dengan satu tangan, namun iPhone 6 Plus akan memberi lebih banyak ruang layar jendela bidik untuk mendapatkan gambar lebih besar.

Selain itu, iPhone 6 Plus memiliki fitur optical image stabilization (OIS), sedangkan 6 iPhone hanya memiliki stabilisasi gambar biasa.

Spesialis kamera DxO Labs telah menjalankan sejumlah tes benchmark dengan iPhone 6 dan iPhone 6 Pluscameras, untuk melihat bagaimana mereka membandingkan tidak hanya untuk satu sama lain, tetapi juga untuk saingan terdekat mereka.

Meskipun kedua iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memiliki nilai tes pengambilan gambar yang sama, kedua ponsel memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Misalnya fitur Optical Image Stabilization dari iPhone 6 Plus, membantu mengurangi image ghosting gambar HDR dibandingkan dengan iPhone 6. Dengan fitur OIS membantu menyelaraskan beberapa gambar yang digunakan dalam foto HDR.

Namun selama perekaman video dengan iPhone 6 Plus terdapat gangguan artefak stabilisasi video light. Sedangkan pada iPhone 6 tidak, yang mengarah DxO Labs menyatakan bahwa kamera iPhone 6 sedikit lebih baik untuk video dan kamera iPhone 6 Plus lebih baik untuk gambar diam.

Meskipun dekat antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, ada sejumlah tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk lebih meningkatkan kualitas kamera di kedua ponsel.

CPU dan RAM

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mengejutkan membuat melompat ke A8 prosesor dual-core 64-bit Apple. Sehingga memiliki kelebihan dalam permainan dan editing video.

RAM on-board tetap konstan di 1GB, jadi pengguna tidak akan melihat perbedaan besar dalam kemampuan kedua ponsel.

Jika melihat pada kapasitas penyimpanan, kedua ponsel memiliki tiga pilihan, yakni 128Gb, 64Gb dan 16GB. Dan pilihan 32GB ditiadakan untuk kedua handset tersebut.

Baterai

Frame yang lebih besar di iPhone 6 Plus, berarti lebih banyak ruang untuk menguras daya tahan baterai. Apple mengklaim baterai bertahan lebih dari iPhone standar 6-16 hari, 24 jam waktu bicara 3G, 80 jam pemutaran audio, dan 14 jam pemutaran video.

Dalam sebuah pengujian, dengan cahaya menengah, termasuk memeriksa email, merekam video, mengambil beberapa foto dan beberapa jam mendengarkan offline lagu di Spotify, iPhone 6 bertahan selama 13 jam dengan penurunan baterai 33%. iPhone 6 Plus bertahan dari jam 7 pagi sampai sekitar tengah malam dengan penggunaan yang sama.

Dalam pengujian baterai TechRadar 6 iPhone kehilangan 26% ketika digunakan untuk memutar 90 menit video HD. iPhone 6 Plus justru kehilangan 27%.

Harga

Buat penggemar Apple pasti telah mengikuti perjalanan kedua ponsel teranyar tersebut. iPhone 6 Plus hadir dengan beberapa fitur premium, seperti layar lebih besar, lebih banyak piksel, modus landscape, sehingga datang dengan harga premium juga.

Harga yang dibanderol USD100 atau sekitar Rp1,25 juta lebih mahal dibandingkan iPhone 6. iPhone 6 dengan bosi yang lebih kecil dihargai mulai dari USD199 atau senilai Rp2,49 juta untuk edisi 16GB dan iPhone 6 PLus mulai dari USD299 atau kisaran Rp3,75 juta untuk kapasitas yang sama.

Perbandingan di atas diharapkan bisa menjadi acuan Anda sebelum membeli kedua ponsel tersebut.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)