Apple TV Vs Amazon Fire TV

Selasa, 09 Desember 2014 - 16:37 WIB
Apple TV Vs Amazon Fire TV
Apple TV Vs Amazon Fire TV
A A A
CALIFORNIA - Buat Anda yang bingung memutuskan memilik antara Apple dan Amazon, keduanya memiliki keunggulan menarik yang berbeda.

Dilansir dari Pocket-lint, Selasa (9/12/2014), untuk membantu membuat keputusan, berikut beberapa hal yang dapat digunakan sebagai pedoman sebelum memutuskan mana yang menjadi pilihan.

Desain

Kedua TV Apple dan Amazon Api TV merupakan kotak hitam set-top, dengan merek yang sama-sama berwarna gelap di bagian atas.

Apple TV memiliki desain lebih bulat di bagian tepi, sementara Amazon Api TV berbentuk persegi dengan sudut di bagian tepinya.

Keduanya memiliki remote kontrol nirkabel sendiri. Apple TV memiliki remote kontrol aluminium dengan navigasi hitam dan tombol lainnya, sementara Amazon Fire TV memiliki remote kontrol hitam dengan navigasi hitam, tombol mikrofon, dan tombol lainnya.

Remote kontrol milik Amazon Fire TV lebih unik dengan warna hitam matte, memiliki mikrofon untuk pencarian menggunakan suara.

Amazon Fire TV dilengkapi dengan game controller opsional. Bentuknya nirkabel dan memiliki layout yang mirip dengan controller OnLive. Desainnya memiliki sudut dan warna hitam matte dengan kontrol mengkilap. Controller nyaman digunakan selama sesi bermain.

Ukuran

Apple TV memiliki bobot sekitar 272 gram dan dimensi 22mm x 89mm x 98mm. Sedangkan Amazon Fire TV beratnya sekitar 281 gram dan memiliki dimensi 115mm x 115mm x 17.5mm.

Apple TV tidak hanya lebih ringa tetapi juga terlihat dan terasa seperti set-top box yang ringkas. Meskipun begitu, perbedaan ukuran sangat kecil.

Konektivitas

Apple TV mendukung WiFi (802.11a/b/g/n). Selain itu juga didukung Bluetooth untuk Apple Wireless Keyboard.

Amazon Fire TV didukung WiFi (802.11 b/g/n, 2x2 MIMO, 2,4 GHz dan 5.0 Ghz dual band) dan Bluetooth 4.0. Kedua fitur port Ethernet, untuk koneksi kabel atau dual-band/dual-antenna WiFi.

Hal yang menjadi sorotan, adalah Amazon Fire TV dilengkapi MIMO (multiple input/multiple output), yang dapat meningkatkan kecepatan nirkabel.

Jadi, jika kecepatan konektivitas dan nirkabel menjadi kekhawatiran utama bagi Anda, pilihan bisa jatuh ke Amazon Fire TV.

Sistem Operasi

Apple TV menjalankan software Apple TV versi 7.0.2, yang didasarkan pada iOS 8.1.1. Amazon Fire TV mengoperasikan Amazon FireOS 3.0, yang didasarkan pada Android 4.2 Jelly Bean.

Dalam hal ini, tidak bisa dibandingkan karena tergantung pada pengguna dan platform pengguna yang terhubung.

Jika Melihat dari Sisi Konten

Aplikasi

Apple TV menawarkan berbagai aplikasi yang tersedia secara otomatis pada menu utama, secara default. Contohnya Beats Musik, Crackle, Disney Channel, Flickr, HBO GO, Hulu Plus, iTunes Radio, Netflix, Sky News, Vimeo, WatchESPN, dan YouTube.

Dari menu utama Apple TV, pengguna juga dapat memilih film dan acara TV dan musik dari toko iTunes. iTunes Store, merupakan salah satu katalog yang terbaik untuk menemukan kedua konten baru dan lama.

Sedangkan Amazon Fire TV, layar utama user-interface memiliki kategori pencarian, Home, Film, TV, Watchlist, Video Library, Games, Apps, Musik, Foto, dan Settings.

Beberapa aplikasi yang lebih penting saat ini juga tersedia, meliputi Hulu Plus, Watch ESPN, Crackle, Bloomberg TV, Vevo, dan iHeart Radio di Amerika Serikat (dan BBC iPlayer, Demand 5, BBC News, dan BBC Sport di Inggris). Aplikasi ini juga terdapat di TV Apple.

Melihat semua perbandingan yang ada, memang sulit memilih salah satu. Semua itu dikembalikan kepada penggunaan masing-masing.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2452 seconds (0.1#10.140)