Lebih Kuat Lensa Sapphire atau Gorilla Glass

Senin, 17 November 2014 - 14:47 WIB
Lebih Kuat Lensa Sapphire atau Gorilla Glass
Lebih Kuat Lensa Sapphire atau Gorilla Glass
A A A
NEW YORK - Bahan sapphire merupakan yang tersulit kedua ditemukan setelah berlian, namun dirasa kurang cocok untuk digunakan pada smartphone.

Dikutip dari Cnet, Senin (17/11/2014), setidaknya itu menurut Corning pembuat bahan Gorilla Glass, Sapphire baik untuk melindungi wajah dan lensa kamera, tetapi tidak optimal untuk ponsel.

Untuk menunjukkan kelemahan sapphire, Corning melakukan sebuah tes kekuatan pada sampel dari materialnya terberat Gorilla Glass 3 dan juga pada sapphire.

Wakil Presiden Senior dan Kepala Operasi Corning staf, Jeff Evenson mengatakan, bahwa sapphire mengalami goresan setelah perangkat berputar selama 45 menit.

Tes jatuh merupakan tes industri yang sudah umum karena mensimulasikan, seperti ketika ponsel disimpan di dalam saku baju atau samping benda lainnya.

Sedangkan kualitas Gorilla Glass lebih ringan, lebih tipis, membuatnya jauh lebih murah dan mengirimkan cahaya lebih baik.

Evenson menyebut, sapphire lebih "rapuh", dan bisa menyebabkan luka serius pada kulit manusia.

Meskipun begitu, jika dilihat pada Mobile World Congress Maret lalu, pelindung layar di atas sebuah iPhone, yang melindungi seluruh casing, membuat iPhone kokoh.

Tidak jelas seberapa tebal pelindung, tapi layar tampak cerah dan sangat responsif terhadap sentuhan. Bahkan, di atas bahan penutup iPhone biasa.

GT Advanced Technologies, perusahaan yang diatur demo Barcelona, adalah salah satu perusahaan yang memproduksi bahan sapphire kristal.

Selain memasak kristal, juga meracik untuk membuat lembaran sapphire jauh lebih tipis dan lebih ringan daripada sekarang. Kemungkinan lebih tipis dari iterasi Gorilla Glass saat ini.

Selama demo sapphire di Spanyol, berulang kali terlihat permukaan pelindung yang kasar, tapi tidak merusak layar sapphire sama sekali.

Tes tersebut sama meyakinkan seperti demo yang dilakukan Corning. Hingga kini belum ada pihak ketiga yang benar-benar membandingkan ketahanan kedua pelindung layar smartphone ini.

Kita nantikan pelindung mana yang memiliki ketahanan lebih, untuk digunakan pada smartphone.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7226 seconds (0.1#10.140)