Penggemar Motor Triumph Dukung Kegiatan Amal

Senin, 29 September 2014 - 17:22 WIB
Penggemar Motor Triumph Dukung Kegiatan Amal
Penggemar Motor Triumph Dukung Kegiatan Amal
A A A
TRIUMPH Motorcycles menaruh perhatian besar terhadap kegiatan kemanusiaan. Hal ini dilakukan salah satunya dengan mendukung kegiatan berkendarasambil beramal bersama para penggemar TRIUMPH.

Acara tersebut berlangsung di 57 negara, termasuk lima kota di Indonesia. Salah satunya Jakarta.

Minggu (28/9/2014), Jakarta berubah menjadi lautan sepeda motor klasik atau bergaya klasik. Ada model café racer, bobber, tracker, custom, modern classic dan classic scooter. Ada juga model sport dan cruiser dari berbagai merek dan usia.

Para pengendaranya kebanyakan berpakaian necis bergaya pria sejati tahun 1930-an. Ada yang mengenakan setelan jas lengkap, ada juga yang berkemeja putih dengan dasi kupu-kupu.

Pada waktu yang sama, kegiatan riding (berkendara) berkeliling kota juga dilakukan oleh ribuan pengendara sepeda motor di 57 negara, seperti Amerika Serikat, India, Italia, Jerman, Prancis, Hungaria, Hongkong dan Australia.

Mereka juga mengenakan atribut sama, berpakaian sehari-hari selayaknya hendak berangkat bekerja atau bertemu relasi di kedai kopi di masa lalu. Rambut disisir dengan rapih dan terlihat klimis.

Di Indonesia, selain berlangsung di Jakarta, kegiatan serupa juga dilakukan di Denpasar, Bandung, Yogyakarta dan Solo.

Kegiatan berkeliling kota dengan sepeda motor itu merupakan bagian dari acara Distinguished Gentleman’s Ride (DGR). Kegiatan yang lahir di Australia ini melibatkan para penggemar sepeda motor di seluruh dunia.

Tujuannya mengumpulkan dana untuk membiayai penelitian kanker prostat. Tahun ini, DGR menargetkan dapat mengumpulkan dana dari peserta sebesar USD1 juta.

Namun, hingga hari penyelenggaraan dana yang terkumpul telah mencapai USD1,36 juta. Negara dengan donasi terbesar adalah Amerika Serikat, yakni USD361.408 yang dikumpulkan dari 3.679 peserta.

Dari Indonesia, dana yang berhasil dikumpulkan adalah USD1.840, berasal dari 670 peserta yang mendonasikan dananya langsung ke website DGR, yang bisa diakses di www.gentlemansride.com.

“Ini acara yang menyenangkan. Beramal sambil mengendarai sepeda motor bersama-sama. Tak cuma di Jakarta, juga dilakukan secara serempak di kota-kota seluruh dunia,” ujar Penyelenggara DGR Jakarta, Sammy Bramantyo dalam siaran persnya, Senin .

Antusias peserta juga terlihat dari jumlah partisipan yang mengikuti aktivitas ini. Untuk Jakarta, jumlah peserta diperkirakan lebih dari 400. Mereka berasal dari berbagai kelompok, ada klub yang berafiliasi pada merek, ada juga yang berasal dari kelompok independen.

Salah satu kelompok yang aktif berpartisipasi adalah Troupe Industry. Kelompok penggemar sepeda motor Triumph ini membawa sekitar 40 penggemar Triumph untuk memeriahkan DGR 2014.

“Partisipasi kami menunjukkan bahwa kami ikut perduli dengan kampanye penggalangan dana untuk kesehatan semacam ini,” kata Riezka Donalsha, yang mewakili Troupe Industry.

Distinguished Gentleman’s Ride Indonesia, untuk tahun ini memasuki penyelenggaraan yang kedua, dan di dunia memasuki usia penyelenggaraan ke-3.

Dibandingkan penyelenggaraan DGR Indonesia tahun lalu, tahun ini berhasil melibatkan lebih banyak kota dan peserta, serta jumlah donasi yang berhasil dikumpulkan.

Bandung misalnya, mulai tahun ini menyelenggarakan DGR sendiri. Sebelumnya peserta dari Bandung harus datang ke Jakarta mengikuti acara bersama-sama.

Tahun ini, untuk pertama kalinya DGR disponsori oleh Triumph Motorcycles Limited.

“Partisipasi Triumph Motorcycles dalam kegiatan ini, menunjukkan bahwa kami sangat menaruh perhatian pada kegiatan kemanusiaan,” ujar Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia (TMI), prinsipal Triumph untuk pasar Indonesia, Paulus B Suranto.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7384 seconds (0.1#10.140)