Mudik Aman dan Menyenangkan

Kamis, 10 Juli 2014 - 16:04 WIB
Mudik Aman dan Menyenangkan
Mudik Aman dan Menyenangkan
A A A
MUDIK adalah hal yang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Karena mereka akan bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman. Melakukan persiapan yang maksimal agar mudik menjadi aman dan nyaman, apalagi bila mudik membawa kendaraan sendiri.

Mempersiapkan apa saja yang akan dibawa saat mudik juga penting. Karena ketinggalan sesuatu bisa membuat perjalanan terganggu dan tidak nyaman. Nah, seharusnya apa saja yang harus perlu dipersiapkan?

• Sebaiknya membuat cek list barang bawaan. Karena menghindari sifat lupa manusia, apalagi terhadap hal-hal kecil yang sering terlewatkan seperti charger, tissue, peralatan P3K, dan kebutuhan kecil-kecil lainnya. Apabila jika mudik bersama balita, catat sedetail mungkin sehingga tidak ribet di perjalanan.

• Jangan lupa P3K ringan, karena sewaktu-waktu bisa dibutuhkan dan bila perlu persiapkan peta jika diperlukan atau peralatan GPS. Jangan mengandalkan rambu yang ada di jalan.

• Hiburan selama perjalanan, ini juga penting. Berjam-jam di dalam mobil bisa membuat travelers jenuh dan bosan, apalagi anak-anak. Bawa video, mainan, buku, atau musik kesukaan anak-anak. Jika capek dan jenuh, apalagi mengantuk, sebaiknya berhenti sebentar untuk beristirahat.

• Jangan lupakan catatan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

• Membawa uang cash pastinya juga perlu, karena sewaktu-waktu pasti dibutuhkan selama perjalanan.

• Bekal air & makanan wajib dipenuhi. Dari pada bingung mencari cemilan di tengah perjalanan, lebih baik siapkan cemilan & minuman sejak dari rumah.

• Update dengan jalur mudik, ini penting untuk menghindari kemacetan. Anda bisa mendapatkannya dari siaran radio atau internet mobile selama perjalanan.

• Pompa Bensin, Rest Area, Pertokoan, Pos Polisi, mampir ke tempat makan bisa menjadi spot-spot andalan untuk melakukan rutinitas buang air kecil atau rutinitas ke toilet lainnya.

Ingat yang terpenting dari semuanya adalah jaga fisik sebelum mudik, minum vitamin dan asupan air putih yang cukup serta makan makanan sehat. Jangan memaksakan diri jika tubuh terasa lemah di perjalanan, sebaiknya mampir dulu di pom bensin atau tempat peristirahatan untuk melepas lelah dan kantuk.

Semoga tips tersebut bermanfaat dan perjalanan mudik Anda berjalan lancar. Jangan lupa, awali dengan doa terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan mudik tahun ini. (Dari berbagai sumber)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7196 seconds (0.1#10.140)