Proyek Palapa Ring Telan Investasi Rp2,83 T

Rabu, 18 Juni 2014 - 12:05 WIB
Proyek Palapa Ring Telan Investasi Rp2,83 T
Proyek Palapa Ring Telan Investasi Rp2,83 T
A A A
JAKARTA - Infrastruktur dan teknologi broadband di Indonesia salah satunya dilakukan melalui pembangunan optik Palapa Ring data. Proyek ini merupakan pembangunan serat optik sepanjang 8.395 km melintasi 51 kabupaten.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Setyanto P Sentosa. "Hal ini tentunya sejalan dengan program nasional pemerintah untuk menerapkan TI di berbagai sektor seperti e-procurement, e-health, e-tourism, e-education dan e-government," ucapnya saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/6/2014).

Proyek ini menelan investasi hingga Rp2,83 triliun. Dia menambahkan, hingga saat ini Palapa Ring tahap pertama telah sukses menghubungkan Sumatera, Jawa, Kalimantan, NTB, NTT hingga Sulawesi.

"Meski demikian, masih terdapat disparitas jaringan broadband bagi Indonesia Timur. Sehingga percepatan pemerataan infrastruktur broadband, khususnya di Maluku Utara dan Papua," terang Setyanto.

Sementara itu, untuk pemerataan infrastruktur broadband wilayah timur Indonesia ini harus segera dilaksanakan dan menelan investasi mencapai USD69 juta atau sekitar Rp820 miliar untuk 2.270 km serat optik.

Sebelumnya, Ketua Umum Mastel Setyanto P Sentosa mengatakan, salah satu sorotan utama dari CECI 14 dan NBS 14 adalah penerapan broadband.

"Hal ini tentunya sejalan dengan program nasional pemerintah untuk menerapkan IT di berbagai sektor seperti e-procurement, e-health, e-tourism, e-education dan e-government. Kesiapan infrastuktur dan teknologi broadband sendiri di Indonesia sudah dilakukan melalui pembangunan serta optik Palapa Ring data (data center)," pungkasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8019 seconds (0.1#10.140)