New Outlander Sport Lahir Kembali Lebih Mumpuni

Senin, 26 Mei 2014 - 18:22 WIB
New Outlander Sport Lahir Kembali Lebih Mumpuni
New Outlander Sport Lahir Kembali Lebih Mumpuni
A A A
MOBIL yang belum lama diluncurkan membuat penasaran Sindonews untuk merasakan perubahan yang dilakukan Mitsubishi terhadap New Outlander Sport. Akhirnya rangkaian acarapun disusun dengan matang oleh pihak PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi.

Selama 3 hari 2 malam Sindonews dan wartawan lainnya mengeksplor apa saja keunggulan mobil yang menjadi salah satu andalan KTB dalam hal penjualan. Kali ini rute yang ditempuh adalah Jakarta menuju Bandung. Di Kota Bandung New Outlander Sport diuji ketanggungannya menaklukkan jalur Tangkuban Perahu yang cukup padat dan menanjak.

Pengalaman pertama melihat tampilan luar yang sedikit mengalami perubahan memang sekilas tidak nampak. Akan tetapi Outlander terbaru ini kini tampil lebih stylish dengan sedikit mengurangi unsur sport.

outlanderoutlander

Terlihat dari desain gril yang kini tak lagi berbentuk honeycomb. Selain itu desain spion nampak lebih stylist, dapat melipat secara otomatis dan dilengkapi dengan tipe light guide. Menengok dibagian belakang mobil telah dilengkapi sensor parkir dengan desain bumper baru.

Varian PX merupakan tipe tertinggi yang Sindonews rasakan saat sebagai penumpang yang duduk di baris kedua. Bukan hanya diluar, interior turut mendapat penyempurnaan. Salah satunya adalah reclining di bangku belakang.

Sandarannya dibuat lebih rebah 6° dari pendahulunya. Penumpang yang mempunyai tinggi lebih 180 cm masih bisa rileks. Pada bagian tengah jok belakang juga terdapat hand rest yang bisa disembunyikan. Hasilnya selama perjalana Jakarta-Bandung terasa lebih nyaman dengan ruang kaki mumpuni.

outlanderoutlander

Sambil menikmati sistem audio yang ada, bagian dasbor terpasang layar sentuh JVC audio-video yang mudah pengoperasiannya. Perangkat tersebut bisa terkoneksi dengan SD card, UB, iPod, bluetooth. Suara audio yang mumpuni membuat nyaman suasana dalam kabin dimana cukup senyap dari pengaruh suara luar kabin.

Setelah cukup puas merasakan sebagai penumpang, tiba saatnya Sindonews menjajal langsung dibelakang roda kemudi. Masih bergumul dengan tipe PX mengusung mesin 2.000 cc MIVEC DOHC 16 Valve 4 silinder.

Lingkar kemudi kini disematkan kontrol audio sehingga berkendara kian terasa nyaman. Berbagai karakteristik dan kondisi jalan dilibas dengan sempurna oleh kendaraan sport utility vehicle (SUV) ini.

outlanderoutlander

Meski tetap mengandalkan mesin 2.000 cc MIVEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 150 dk, namun transmisi otomatis tanpa roda gigi ini dibuat lebih responsif saat diputaran atas. Perubahan ini sangat terasa saat putaran mesin melewati 3.500 rpm. Hentakan tenaganya cukup lembut saat menyalip kendaraan lain saat melaju di jalan tol.

Menyusuri tanjakan Gunung Tangkuban Perahu yang berkelok dan cukup curam tak ada kendala. Tenaga mesin yang dihasilkan masih melayani dengan sempurna. Adanya padleshif sangat nyaman mengendalikan naik turunnya rotasi gigi. Cuaca yang cukup cerah, cukup mendukung untuk dibukannya panoramic yang ada di tipe PX.

Dengan dukungan set-up suspensi meskipun New Outlander sport memakai velg berdiameter 17 inci, namun spring rate dan sokbreker turut diubah kekerasannya agar bantingan suspensi terasa lebih lembut.

Pada bagian depan menggunakan MacPherson Stunt, coil spring with stabilizar bar. Di belakang menggunakan multi link MacPherson, coil spring with stabilizer bar.

outlanderoutlander

Kesimpulan


Merasakan New Outlander Sport memang mengalami perubahan pengalaman dari genarasi sebelumnya. Dalam kondisi macetpun kenyamanan kendaraan masih menjadi andalan. Dimana salah satu yang menjadi perhatian adalah desain interior serta perangkat hiburan yang mumpuni.

Interior yang luas memberikan kesan bebas meski sebenarnya kita berada dalam kabin kendaraan. Apalagi dengan adanya panoramic yang bisa dibuka setiap saat. Selain itu, bangku yang dibungkus kulit serta didesain lebih privat memberikan kenyamanan lebih. Selain hand rest juga terdapat tempat untuk menaruh dua botol minuman.

Mesin yang handal dan sangat responsif bisa membawa kondisi fun to drive bagi pengemudi maupun penumpangnya. Saat melaju dengan kecepatan tinggi sekali pun, getaran bisa diredam secara maksimal. Kondisi ini tentu menambah rasa nyaman penumpang.

Mitsubishi tawarkan beberapa tipe diantaranya PX, GLS, dan GX (manual) dimana memiliki tingkat kenyamanan berbeda-beda terkait fitur yang dimiliki setiap tipe. New Harga yang ditawarkan dalam tiga varian yaitu tipe PX ( tertinggi), GLS dan GLX (terendah). Untuk tipe PX dibanderol Rp342 juta, tipe GLS Rp317 juta dan tipe GLX Rp302 juta. Semua harga On The Road Jakarta.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9944 seconds (0.1#10.140)