Google bikin Gapura Global untuk usaha kecil

Selasa, 13 Mei 2014 - 09:16 WIB
Google bikin Gapura Global untuk usaha kecil
Google bikin Gapura Global untuk usaha kecil
A A A
Sindonews.com – Google menghargai betapa pentingnya usaha kecil di Indonesia, sebagai tulang punggung perekonomian negara. Perusahaan itu, membantu lebih dari 2000 pemilik usaha kecil di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Semua pemilik itu memanfaatkan internet dalam mengembangkan usahanya dan 90 persen dari 55 juta wirausahawan di Indonesia adalah usaha kecil.

Para wirausahawan mewakili satu usaha multinasional mikro jenis baru, mereka membuka kesempatan bisnis baik di dalam maupun luar negeri, dan menawarkan hampir semua jenis barang, jasa, dan segmen industri.

Walaupun penuh dengan kreativitas dan potensi, mereka memiliki satu kekurangan, yaitu modal dan akses ke cara-cara pengembangan usaha yang efektif dan efisien untuk memperluas usaha mereka ke luar batas provinsi.

“Google Indonesia menciptakan Gapura yang berarti gerbang sebuah roadshow UKM yang mengunjungi 4 kota di Indonesia untuk menjembatani gerbang digital antara offline dan online,” ujar Head Country Google Indonesia, Rudy Ramawy, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa, (13/5/2014).

Dia menambahkan, pihaknya akan menunjukkan kepada ribuan pemilik usaha kecil bagaimana cara untuk mewujudkan impian dan mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi.

Lebih dari 470 wirausahawan mempelajari bagaimana memanfaatkan internet untuk pertumbuhan bisnis melalui rangkaian Google tools, termasuk diantaranya Google Trends, GoogleMaps, Google Apps, Google AdWords dan Google Analytics.

Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia. Shinto Nugroho, menuturkan, “Google memiliki komitmen tinggi untuk terus membekali wirausahawan Indonesia dengan berbagai tips dan trik praktis untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan ketika mereka sudah siap, menuju dunia global melalui web”.

Shinto menjelaskan, Gapura telah membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kerja sama guna meningkatkan kapasitas wirausahawan dan menunjukkan begitu besarnya kemampuan internet untuk memberikan kesetaraan dan memungkinkan usaha-usaha kecil untuk mengakses pasar global dari seluruh nusantara.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0580 seconds (0.1#10.140)