Kebijakan lokalisasi data bikin investor kabur?

Senin, 28 April 2014 - 14:55 WIB
Kebijakan lokalisasi data bikin investor kabur?
Kebijakan lokalisasi data bikin investor kabur?
A A A
Sindonews.com - Para pemerintah berasumsi bahwa kebijakan untuk melakukan lokalisasi data akan memaksa perusahaan global untuk membangun infrastukturdan mendorong investasi lokal. Tapi perlu diingat bahwa layanan global ini biasanya murah karena mereka bisa menawarkan skala global ke perusahaan kecil tanpa membangun infrastuktur ekstra.

"Bukannya mendorong investasi, kebijakan lokalisasi data justru akan membuat para investor memilih negara lain," ucap Direktur California Internasional Law Center dan Profesor Hukum di University of California, Anupam Chander, ketika jumpa pers di Jakarta, Senin (28/4/2014).

Selain mempersulit, pendekatan ini juga mengancam berbagai inovasi penting yang hanya mungkin terjadi dengan adanya Internet.

Banyak penyedia layanan akan menganggap penambahan infrastuktur ini terlalu mahal dan berisiko, sehingga mereka menghentikan usahanya di wilayah tersebut. Walaupun ada juga penyedia layanan yang menghiraukan peraturan tersebut dan terus menghadirkan layanannya untuk masyarakat lokal.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7738 seconds (0.1#10.140)