Isi ulang kartu multi trip 'comline' lewat smartphone

Sabtu, 19 April 2014 - 17:48 WIB
Isi ulang kartu multi trip comline lewat smartphone
Isi ulang kartu multi trip 'comline' lewat smartphone
A A A
Sindonews.com - Sistem e-ticketing kereta rel listrik (KRL) diciptakan untuk memudahkan para commuter atau pengguna kereta api. Menggunakan tiket elektronik dan sistem tarif progresif, pengguna jasa kini hanya perlu membayar sesuai jarak perjalanannya. Mereka pun tidak perlu lagi repot mengantre untuk membeli tiket.

Tapi, nyatanya tiket elektronik berupa kartu multi trip (KMT) atau tiket berlangganan yang menggunakan sistem pemotongan saldo setiap perjalanan itu penetrasinya belum menyeluruh (baru 55 persen). Inilah yang berusaha dirubah oleh PT Kereta Commuter Line Jabodetabek (KJC).

Salah satu solusinya adalah dengan mempermudah proses isi ulang saldo Kartu Multi Trip melalui kerjasama sejumlah perusahaan provider telekomunikasi.

Maka sejak Kamis (17/4) silam pengguna KMT dapat melakukan isi ulang saldo lewat program uang elektronik dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom), PT XL Axiata Tbk. (XL), dan PT Indosat Tbk. (Indosat).

Caranya tidak hanya mudah, tapi juga sangat canggih karena tidak perlu uang tunai. Lihat saja proses isi ulang saldo menggunakan T-Money keluaran Telkom yang bisa dilakukan langsung dari smartphone.

Pengguna cukup menginstal aplikasi T-Money di Google Play. Lalu, pengguna smartphone melakukan TopUp KMT dengan sejumlah pilihan nilai (denom) yang diinginkan, hanya dengan klik menu TopUp KCJ. Caranya cukup mengisi 16 digit Nomor Kartu KCJ serta denom yang diinginkan, maka pengisian saldo Multi Trip selesai.

Selanjutnya pemegang kartu melakukan konfirmasi di vending machine di area station Commuterline. Untuk setiap transaksi TopUp KMT, pelanggan dikenakan biaya sesuai tarif KCJ sebesar Rp 2,500 per transaksi.

“Detil soal transaksi menggunakan T-money bisa dilihat di www.tmoney.co.id,” ujar Executive General Manager Division Solution Convergence Telkom Achmad Sugiarto. ”Cara ini akan semakin memudahkan pengguna dalam melakukan isi ulang KMT tanpa harus mengantre,” ia menambahkan.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7884 seconds (0.1#10.140)