Aplikasi Google buat pemilih muda

Selasa, 08 April 2014 - 15:16 WIB
Aplikasi Google buat pemilih muda
Aplikasi Google buat pemilih muda
A A A
Sindonews.com - Pemilu legislatif di depan mata, tim Google Indonesia telah mempersiapkan berbagai update informasi seputar Pemilu untuk membantu para pemilih. Terutama pemilih Pemula, dapat memperoleh berbagai informasi sebelum mereka memberikan suara.

Google menyediakan berita seputar Pemilu, melalui Halaman berita Pemilu dan menyiarkan pemberitaan terbaru dari kanal-kanal YouTube dan berbagai stasiun TV. Perusahaan multinasional asal AS ini menyelenggarkan hack-a-thon.

Selain itu, Google menghubungkan dan mendorong para pemilih untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu dengan teknologi yang dimiliki.

Berikut adalah enam aplikasi kreatif dan inovatif dan dapat diunduh dari Google Store untuk mengedukasi para pemilih muda.

1. PEMILU

Aplikasi PEMILU dapat membantu Anda mengetahui seluk-beluk Pemilihan Umum 2014. Aplikasi ini membantu Anda mengenal dengan lebih jelas profil partai dan riwayat hidup para calon DPR, DPD, dan DPRD.

Program ini juga menguji pengetahuan Anda melalui berbagai topik kuis seperti Partai, Caleg, Capres, Peraturan. Skor yang Anda peroleh dapat Anda bagi dengan teman-teman melalui Leaderboard.

2. Pemilu Hore!

Aplikasi game seputar pemilu. Anda dapat mengatur daerah pemilihan agar data caleg sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengenali partai lewat kuis logo dan mempelajari tata cara pencoblosan surat suara.

3. Pemiloe

Aplikasi Pemiloe berisi informasi tentang Pemilu 2014, dengan aplikasi ini anda dapat lebih mengenal partai politik dan daftar caleg beserta profilnya di daerah Anda masing-masing. Aplikasi ini merupakan salah satu finalis dalam Pemilu Hackathon Code for Vote 2014.

4. Orang Baik

Aplikasi ini menggunakan berbagai perhitungan sederhana yang akan memunculkan apakah Caleg yang anda pilih 'orang baik atau tidak'. Perhitungan didasarkan pada beberapa faktor, seperti : Tingkat Pendidikan, Tingkat Universitas, Pengalaman Organisasi, Umur dan Wawasan Lingkungan.

5. Caleg Store

Aplikasi ini merupakan wadah digital berkumpulnya profil para caleg DPR dan DPRD. Anda dapat mempelajari latar belakang mereka mulai dari keluarga, riwayat pendidikan, pekerjaan, organisasi.

Selain itu Anda juga dapat memilih lokasi dan menentukan daerah pemilhan serta caleg yang sesuai. Ada juga fitur caleg yang mengelompokkan caleg sebagai Most Popular Caleg dan Highest Rated Caleg, dan membandingkan 2 caleg dalam partai yang sama dengan rating dan komentar untuk tiap caleg.

6. PemiluKita

Adalah aplikasi berbasis Mobile Android yang memberikan informasi Pemilu 2014.

Berikut Fitur yang dimiliki:

1. Berita Terhangat
2. Countdown jadwal pemilu
3. Tata Cara pemilu
4. Kuis Pemilu
5. Daftar Informasi Calon Anggota DPD
6. Daftar Informasi Calon Anggota DPR
7. Daftar Informasi Calon Anggota DPRDI
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1612 seconds (0.1#10.140)