Berjalan sambil chatting bahaya!

Kamis, 13 Februari 2014 - 13:53 WIB
Berjalan sambil chatting bahaya!
Berjalan sambil chatting bahaya!
A A A
HATI-hati jika Anda termasuk orang yang sibuk memandangi smartphone ketika sedang berjalan. Entah sekadar membalas pesan di WhatsApp, atau melihat notifikasi baru di Path dan Facebook. Penelitian terbaru menyebut bahwa kegiatan itu tidak hanya bisa mengganggu (orang lain), tapi juga berbahaya.

Menurut peneliti dari University of Queensland, Australia, mereka yang mengakses smartphone sambil berjalan menjadi tidak awas dengan lingkungan sekitar. Tak hanya itu, kegiatan tersebut berpengaruh pula pada keseimbangan dan cara berjalan lurus.

”Ini bisa berpengaruh terhadap keselamatan orang yang berjalan dan mengetik pada saat bersamaan,” ujar peneliti Siobhan M Schabrun.

Jika banyak kasus kecelakaan akibat menelpon atau chatting sudah sering sekali terjadi, chatting sambil berjalan kaki berlahan mulai menunjukkan akibatnya. Pada 2011, seorang wanita di Pennsylvania terjatuh ke air mancur di sebuah mal gara-gara terlalu sibuk menatap layar ponselnya. Kejadian itu terekam di kamera pengawas CCTV, dan menjadi bahan olok-olokan ketika diunggah di YouTube.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5018 seconds (0.1#10.140)