Startup Logistik Berbasis Teknologi Kini Hadir Membantu UMKM di Makassar

Kamis, 02 April 2020 - 02:22 WIB
Startup Logistik Berbasis Teknologi Kini Hadir Membantu UMKM di Makassar
Startup Logistik Berbasis Teknologi Kini Hadir Membantu UMKM di Makassar
A A A
MAKASSAR - Paxel, startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia, baru saja melebarkan sayapnye di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Paxel memperluas jangkauan hingga ke Makassar untuk menjawab kebutuhan konsumen dan menjadi solusi atas permasalahan seputar pengiriman barang yang kerap terjadi. Kehadiran Paxel sekaligus menandai ekspansi pertama Paxel di Pulau Sulawesi, serta Indonesia bagian Timur.

"Sebelumnya, Paxel sudah melayani 700.000 pengguna yang tersebar di area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Bali, dan kini Makassar," ucap Zaldy Ilham Masita, COO Paxel, Rabu (1/4/2020).

Dikatakannya, Paxel mengubah cara kerja logistik di Indonesia dengan menerapkan sistem pengiriman estafet memanfaatkan big data, algoritma kecerdasan buatan (AI), dan loker pintar (smart locker) yang berfungsi sebagai pusat untuk menyortir barang berdasarkan kota tujuan.

"Teknologi loker pintar yang sudah tersebar pada 90 titik dilengkapi akses QR code bagi mitra kurir atau yang dikenal dengan sebutan happines hero. Teknologi inilah yang bisa membuat ongkos kirim menjadi lebih efisien dibandingkan logistik konvensional," klaim Zaldy.

Teknologi Paxel memungkinkan tarif pengiriman dalam kota untuk paket dengan berat maksimal lima kilogram dipatok flat. Selain itu, imbuh dia, konsumen juga bisa melacak perjalanan paket yang dikirim menggunakan Paxel secara real-time lewat aplikasi Paxel.

Cara kerja Paxel membuat startup logistik ini menjadi pilihan bagi banyak UKM untuk mengembangkan bisnis, termasuk UKM kuliner di Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya hingga Bali. Dengan menyediakan freezer, chiller dan cooler box, Paxel memastikan kualitas dari setiap produk yang dikirim UKM khususnya di bidang kuliner terjaga dalam keadaan baik sampai di tujuan.

“Dengan menjadi mitra Paxel, para UKM bisa meraih perputaran uang yang lebih cepat, sehingga profit mereka pun lebih baik. Sebab tidak perlu membuka cabang tapi produknya tetap bisa dikirim dan dinikmati hingga ke luar kota. Kini kami hadir untuk membuka peluang yang sama bagi UKM di Makassar,” imbuhnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8867 seconds (0.1#10.140)